PNS DKI Jakarta Paling Banyak Terjerat Kasus Korupsi

Ilustrasi Pegawai Negeri Sipil DKI Jakarta (dok: Merdeka)

MONITOR, Jakarta – Pegawai Negeri Sipil (PNS) DKI Jakarta ternyata tercatat sebagai PNS yang paling banyak terjerat kasus korupsi. Parahnya, meski sudah berkekuatan hukum terjerat kasus korupsi, namun para PNS DKI masih aktif bekerja.

Dari data yang tercatat di Badan Kepegawai Negara (BKN) se-Indonesia, ada sekitar 2.357 PNS pelaku tindak pidana korupsi. Dari 2.357 orang PNS tersebut, 52 orang adalah PNS DKI.

Pada urutan kedua, ditempati Provinsi Sumatera Utara dengan jumlah PNS sebanyak 33 orang, kemudian diikuti Provinsi Lampung yang berjumlah 26 orang PNS.

“Data ini kami dapat dari tahun 2015 setalah adanya program Pendaftaran Ulang PNS (PUPNS),” kata Kepala Biro BKN Ridwan dalam keterangan tertulisnya yang diterima MONITOR, Kamis (13/9).

Sementara, Jawa Barat menempati posisi ke empat dengan jumlah 24 orang PNSnya yang terjerat korupsi. Setelah Jawa Barat ada Provinsi Maluku Utara 20 orang PNS, Provinsi Papua Barat dengan 18 PNS, Provinsi Banten 17 PNS, Jambi 15 PNS dan Provinsi Aceh diposisi buncit dengan 13 orang PNS.

“Semua PNS ini meski terjerat kasus korupsi masih terdaftar sebagai pegawai aktif di masing-masing tempat kerjanya,” pungkasnya