Kursi Wagub DKI Dipastikan Milik PKS

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (net)

MONITOR, Jakarta – Sosok pengganti Sandiaga Uno sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta akhirnya terkuak. Dari informasi yang berhasil dihimpun MONITOR, ternyata figur yang akan menggantikan posisi Sandiaga adalah kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

“Ya, kemungkinan pengganti Sandiaga Uno orangnya dari PKS,” ujar sumber tersebut kepada MONITOR, Kamis (16/8).

Sumber yang enggan disebutkan namanya ini membenarkan, diambilnya kader PKS uituk menduduki positie Wagub DKI merupakan deal antara Gerindra dan PKS.

“Jadi lebih jelasnya, secara proses politik untuk posisi wagub memang sudah ada ditangan PKS namun kalau melihat aturanya,  Gerindra sebagai partai pengusung Anies-Sandi di Pilkada Jakarta, berhak untuk tetap monyodorkan nama untuk dipilih oleh DPRD Jakarta,” terangnya.

Bahkan isu tersebut dikuatkan oleh Gubernur Jakarta, Anies Baswedan, bahwa PKS yang nantinya break mengusulkan nama untuk duduk sebagai Wagub DKI Jakarta.

“Setahu saya sudah ada kesepakatan antara Gerindra dan PKS bahwa yang mengusulkan nanti adalah PKS,” ujar Anies seusai melepas api abadi Asian Games di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (16/8).

Meski dipastikan kursi Wagub sudah ada ditangan PKS, namun orang nomor satu di Jakarta ini belum mengetahui siapa nama yang akan disodorkan PKS.

“Lagian tak harus buru-buru juga. Toh semua pekerjaan masih terhandle dengan baik,” jelasnya.

Sementara itu ditempat terpisah, Ketua DPRD Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mengatakan, dewan segera menggelar rapat paripurna untuk menyampaikan kepada publik soal pemberhentian Sandiaga Uno sebagai Wagub.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat paripurna bisa kami laksanakan. Saat ini kita masih menunggu penjadwalan dari Badan Musyawarah (Bamus) dewan saja,” pungkas Pras.