Keponakan Jusuf Kalla Muncul jadi Calon Wagub DKI

MONITOR, Jakarta – Teka-teki siapa yang akan muncul sebagai Wakil Gubernur (Wagub) DKI sampai saat ini masih belum jelas. Namun belakangan ini, beredar kalau pengusaha muda yang juga keponakan Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla, yakni Erwin Aksa disebut-sebut sebagai sosok yang akan ditempatkan untuk mengisi kursi Wagub DKI tersebut.

Dony Kusuma pengamat politik dari Strategic Policy Indonesia (Strapol Indonesia), mengatakan, sosok Erwin Aksa sangat cocok apabila memang nantinya dipercaya u untuk duduk sebagai Wagub DKI menggantikan Sandiaga Uno.

“Kalau memang Erwin Aksa yang dimajukan untuk Cawagub DKI, berarti teka-teki siapa Cawagub DKI bosa terjawab sudah,” ungkap Doni.

Dikatakan Doni yang juga Caleg DPRD DKI Jakarta Dapil 4 Jakarta Timur dari Partai Amanat Nasional (PAN), nama Erwin Aksa bukan orang baru dalam tim pemenangan pasangan Anies-Sandi pada Pilkada DKI Jakarta 2017 lalu. Dia berada di barisan pemenangan Anies-Sandi, dan setelah pasangan ini menang Erwin juga menjadi Tim Transisi bersama Sudirman Said.

“Besok Erwin yang tidak jauh berbeda dengan Sandiaga Uno yang juga seorang pengusaha yang aktif di organisasi seperti HIPMI, Erwin juga anak dari Aksa Mahmud pemilik perusahaan besar Bosowa, Erwin juga keponakan dari Wakil Presiden Jusuf Kalla,” terangnya.

Tak hanya itu kata Doni, melihat perkembangan terakhir, kemungkinan besar Erwin bisa diterima oleh Gerindra dan PKS parpol yang menjadi pendukung Anies-Sandi dan juga oleh mayoritas anggota parlemen oposisi di DPRD DKI Jakarta, yang terutama sosok Erwin bisa diterima dengan baik oleh Gubernur DKI saat ini Anies Baswedan agar bisa bersinergi dengan baik dalam pembangunan DKI Jakarta.