Jadi Sorotan Dunia, Anies Kambinghitamkan Media Lokal

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (Foto: Asep Syaefudin)

MONITOR, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan ternyata menyadari kalau saat ini dirinya sedang menjadi sorotan dunia melalui media asing dalam menyambut Asian Games. Salah satunya soal penataan beberapa kawasan seperti menata kawasan Kali Item yang airnya kotor dan bau.

Menurut Anies, media asing memuat berita tentang permasalahan Kali Item berdasarkan pemberitaan media lokal.

Untuk itu, Anies mengajak media lokal agar mengangkat sisi positif dari persiapan Jakarta menghadapi Asian Games bukan malah terus memuat berita yang membuat citra Indonesia khususnya Jakarta tidak baik.

“Kita dihadapkan dengan pilihan, Untuk persiapan Asian Games, teman-teman media punya pilihan, mau angkat sisi apa dari Indonesia. Bila teman-teman mengambil sisi suram, maka itulah yang akan diikuti diambil oleh media internasional juga. Bila media lokal ambil sisi cerah, itu pula yang akan diambil. Karena itu kita kerja sama, kita mau tunjukkan sisi mana,” kata Anies di kawasan Taman Marga Satwa Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa (24/7).

Sebagai tuan rumah di ajang Asian Games, kata Anies, media lokal bisa mengambil berbagai sesi pemberitaan dengan mudah.

“Indonesia merupakan rumah bagi media lokal sehingga wartawan punya banyak pilihan ketika akan mengambil gambar rumah tersebut. Semua tergantung dari media itu sendiri apakah akan mengambil foto dapur, ruang tengah atau kamar mandi,”tuturnya.

Menyingung soal Kali Item, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengatakan, kalau permasalahan Kali Item adalah warisan dari pejabat terdahulu yang tidak memperhatikan kondisi kali. Sehingga, kini menjadi sorotan saat Jakarta akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Asian Games.

Advertisementdiskusi publik wagub dki