Gerindra Jakarta Ancam Coret Bacaleg Bermasalah

Wakil Ketua DPRD Jakarta, M Taufik (dok: Asep Monitor)

MONITOR, Jakarta –  Ketua DPD Gerindra DKI, Mohamad Taufik, mengimbau bacaleg Partai Gerindra DKI Jakarta agar tidak berbuat kesalahan sebelum ditetapkan sebagai caleg resmi. Sebab menurut Taufik, sewaktu-waktu mereka masih dapat dicoret dari daftar caleg oleh partai.

“Bakal caleg jangan melakukan pelanggaran, baik itu pelanggaran hukum maupun juga sosial,” ujar Taufik, saat mengumpulkan 106 bacaleg di Sekber Kemuning, Jakarta Pusat.

Taufik mengungkapkan pihaknya memiliki pengalaman terhadap bacaleg yang melakukan pelanggaran. Bacaleg tersebut, kata Taufik, terlibat perkelahian dan melakukan pemukulan yang berujung pada proses hukum.

“Partai pun tidak mau mengambil risiko, dan langsung mencoret yang bersangkutan dari daftar calon legislatif. Kendati bakal caleg tersebut potensial dan bagus, namun partai tidak mau ribet, dan langsung tegas mencoret yang bersangkutan. Saya minta pada pileg kali ini kasus serupa tidak terulang,” katanya.

Lebih lanjut, Taufik juga mewajibkan seluruh bacaleg untuk melaksanakan pelatihan. Baik itu bakal caleg baru, maupun bacaleg incumbent.

“Karena ada metode baru yang harus dipelajari bacaleg. Hal itu hanya dapat dilakukan melalui pelatihan, jadi ini hukumnya wajib,” pungkasnya.