Ferial Resmi Dicopot Jadi Pimpinan Dewan, Ini Kata Ketua DPRD DKI

Santoso diapit Ketua DPRD DKI Jakarta dan Gubernur DKI

MONITOR, Jakarta – Ferral Sofyan dari Fraksi Demokrat, resmi dicopot dari Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta digantikan oleh juniornya Santoso yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta.

Pergantian Ferial oleh Santoso dilakukan dalam rapat paripurna dewan di menggelar rapat paripurna di gedung DPRD DKI, Kebon Sirih, Jakarta, Rabu (20/2/2019).

Rapat dipimpin langsung oleh Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi dan dihadiri oleh Gubernur Jakarta Anies Baswedan.

Sementara itu Ferial Sofyan tak hadir dalam rapat paripurna tersebut.

“Ferial Sofyan resmi dicopot dari jabatannya sebagai wakil ketua DPRD DKI Jakarta per hari ini,” ungkap Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi.

Dikatakan Pras, dengan diangkat sebagai pimpinan dewan, pihaknya mengamanatkan agar Santoso yang juga duduk sebagai Ketua DPD Demokrat DKI Jakarta dapat menyelesaikan masa kepemimpinannya dengan baik.

Tak hanya itu, Pras pun mengatakan proses pergantian Ferial merupakan usulan langsung dari Ketua Umum Partai Demokrat yakni Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang dilangyakan kepada DPRD.

“Jadi proses pergantian pimpinan dewan ini memang atas usulan langsung dari pimpinan Partai Demokrat,” terang Pras.

Lanjut Pras, setelah rapat paripurna, pihaknya akan mengajukan surat ke Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) terkait penetapan Santoso sebagai wakil ketua DPRD DKI.

Dengan demikian, Kemendagri dapat menerbitkan surat keputusan tentang pengangkatan Santoso.

Di tempat yang sama, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, yang turut menghadiri rapat paripurna tersebut mengharapkan, dengan adanya pergantian Wakil Ketua DPRD ini seluruh tugas dan fungsi dewan sebagai wakil rakyat dapat berjalan lebih optimal dan lebih baik lagi.

Dia juga mengaku menghargai proses pergantian pimpinan dewan tersebut.

“Mengenai pergantian ini merupakan internal DPRD DKI. Jadi, kita menghargai proses tersebut. Yang penting prosedurnya dijalankan dengan baik dan tertib,” kata Anies.

Seusai rapat paripurna, Santoso menyatakan siap menjalankan tugasnya sebagai salah satu pimpinan dewan di Kebon Sirih.

Ia juga mengaku siap bekerja sama dengan Ketua DPRD DKI dan ketiga wakil ketua dewan lainnya.

“Saya siap menjalankan tugas sebagai Wakil Ketua DPRD DKI hingga akhir masa periode nanti,” kata Santoso.

Seperti diketahui, pergantian Ferrial telah tertuang dalam SK DPP Demokrat Nomor 06/SK/DPP.PD/I/2019 tentang Pergantian Unsur Pimpinan (Wakil Ketua) DPRD DKI Jakarta Fraksi Partai Demokrat.

Surat itu ditandatangani langsung Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Sekjen Demokrat, Hinca Panjaitan pada 23 Januari 2019.