Bus Transjakarta Terbakar di Pasar Baru, Ini Pengakuan Sang Dirut

Bus TransJakarta terbakar

MONITOR, Jakarta – Bus Transjakarta ternyata masih kerap terbakar. Buktinya bus yang menjadi primadona sebagai angkutan massal di Ibukota ini terlihat terbakar dikawasan Jalan Pos Paru, Jakarta, Senin malam sekitar pukul 20.30 WIB.

Pihak PT Transjakarta pun langsung angkat bicara soal terbakarnya Bus Transjakarta di sekitar Pasar Baru tersebut.

PT Transjakarta mengklaim, sebelum beroperasi bus tersebut susah melalui proses pengecekan mesin sehingga dinyatakan layak jalan.

“Sebelum beoperasi bus-bus Transjakarta harus melalui proses pengecekan. Dan ini rutin dilakukan setiap hari,” ujar Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta), Agung Wicaksono di Jakarta, Selasa (19/2).

Bahkan dikatakan Agung, Bus Transjakrta yang terbakar adalah produk Jepang yang dibeli pada tahun 2017. Untuk perawatan bus denga merek Hino ini,  dipegang oleh Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Hino.

“Perawatannya ditangani oleh ATPM Hino. Jadi kontrak servis, kita beli sekaligus perawatannya,” ungkap Agung.

Agung tak mau gegabah menentukan langkah berikutnya, sebelum mendapat hasil resmi dari pihak kepolisian.

“Kita akan evaluasi dulu semuanya, nanti hasil dari kepolisian akan jadi acuan kita menentukan langkah ke depannya agar lebih baik,” cetus Agung.

Hingga saat ini, Agung mengaku masih menunggu hasil penyelidikan dari Puslabfor Polri terkait bus Transjakarta terbakar di Pasar Baru ini.

“Bus sendiri tadi malam sudah diamankan dan bawa ke pul. Kami pun sudah laporkan kepada pihak kepolisian dan akan diproses Puslabfor Polri, karena dia lah yang paling berwenang untuk investigasi apa yang terjadi. Tidak ada dugaan, kita tidak mau berspekulasi,” papar Agung.

Sementara sopir bus Transjakarta tersebut, Nasrudin, masih menjalani pemulihan di RSPAD Gatot Subroto Jakarta Pusat.