Asian Games Harus Aman, Anies Siap Penuhi Kebutuhan TNI-Polri

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

MONITOR, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak mau perhelatan Asian Games di Jakarta tercoreng dengan aksi terorisme. Sebab itu, Anies mengaku akan memenuhi seluruh kebutuhan TNI/Polri dalam mengamankan Ibu Kota saat Asian Games nanti.

Hal ini dilontarkan Anies usai menghadiri penutupan  pelatihan pencegahan dan penanggulangan aksi terorisme menjelang Asian Games 2018. “Kami dari Pemprov DKI Jakarta siap mendukung seluruh kebutuhan dari TNI Polri di dalam pengamanan Asian Games,” ujar Anies di kawasan Jakarta Internasional Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (25/7).

Anies juga mengaku akan mengerahkan jajarannya mulai dari Wali Kota hingga Kepala Dinas dan Satpol PP untuk membantu TNI/Polri. Menurutnya, sinergitas ketiga pilar itu tidak hanya terjadi di level pimpinan melainkan juga di tingkat operasional. “Karena itu kita lakukan apel bersama. Kami meyakini seluruh seluruh rakyat Indonesia berharap Asian Games berjalan dengan baik,” katanya.

“Kedudukan Jakarta sebagai Ibu Kota negara harus ditopang dengan kondisi ketertiban dan keamanan yang benar-benar dalam kendali dan menghasilkan amanat berskala nasional,” imbaunya.

Sementara itu, Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, pelatihan mitigasi terintegrasi ini terdiri dari seluruh komponen stakeholder TNI Polri dan komponen lainnya dalam rangka memberikan rasa aman terhadap jalannya kegiatan asian games 2018. Latihan ini, bisa menjadi evaluasi terhadap cara TNI dan Polri dalam menanggulangi tindak teror saat perhelatan Asian Games nanti.

“Kita terus mengevaluasi apa yang perlu ditambah dan dipertahankan terkait dengan latihan penangan bila terjadi aksi terorisme,” katanya.