Mantan Perdana Menteri Lebanon Kabur ke Prancis

MONITOR, Lebanon – Perdana Menteri Lebanon Saad Hariri meninggalkan Arab Saudi menuju Prancis, Sabtu (18/11). Keputusan ini sudah bulat dilakukan usai dua pekan lalu, Hariri mengundurkan diri dari jabatannya.

"Tuan Hariri telah meninggalkan bandara Riyadh dengan jet pribadinya bersama dengan istrinya dan menuju ke bandara Le Bourget (Prancis)", demikian laporan Future TV sekitar pukul 06.20 WIB tadi.

Sebelumnya Hariri memposting cuitan bahwa dia tengah dalam perjalan ke bandara Saudi itu. Kabar ini sekaligus membantah klaim bahwa dia telah dihalang-halangi Saudi untuk bepergian.

Sementara itu, Presiden Lebanon Michel Aoun menuduh pemerintah Saudi telah menahan Hariri. Dia juga menolak pengunduran diri Hariri yang dilakukannya di luar negeri (Saudi).

Hariri, pemegang dwi kewarganegaraan Saudi, berada di Riyadh sejak mengeluarkan pernyataan di televisi 4 November lalu bahwa dia mengundurkan diri karena mengkhawatirkan keselamatan jiwanya.

Macron akan menemui Hariri Sabtu siang waktu Prancis (sekitar 17.00 WIB), kata kantor kepresidenan Prancis seperti dikutip AFP.

Jamkrindo-Jaminan Kredit Indonesia