Lombok Kembali Diguncang Gempa

Ilustrasi gempa bumi (net)

MONITOR, Lombok – Lombok Kembali dilanda gempa bumi. Kali ini, gempa berkekuatan 3,3 Skala Richter mengguncang kabupaten Lombok Tengah sekitar pukul 04.36 WITA.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada di 16 kilometer tenggara Kabupaten Lombok Tengah, dengan kedalaman 11 kilometer.

Agus Riyanto selaku Kepala Stasiun Geofisika Mataram mengatakan, berdasarkan lokasi episenter, kedalaman hiposenter dan mekanisme sumbernya, gempa bumi yang berpusat di koordinat 8,84 derajat Lintang Selatan dan 118,31 derajat Bujur Timur itu merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas Sesar Naik Flores.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa bumi tersebut dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan naik,” ujar Agus, sebagaimana diwartakan Antara, Rabu (1/8).

Agus menambahkan, guncangan gempa cukup terasa oleh masyarakat di Kecamatan Bayan di Kabupaten Lombok Utara, dan Kecamatan Belanting di Kabupaten Lombok Timur dengan skala intensitas I Skala Intensitas Gempa (SIG) BMKG, atau II Modified Mercalli Intensity (MMI).

“Kami mengimbau warga tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” imbuh Agus.