Lima Pesawat Cina Terdeteksi Memasuki Kawasan Udara Korea Selatan

MONITOR, Seoul – Korea Selatan segera mengerahkan jet tempurnya setelah lima pesawat Cina teridentifikasi memasuki wilayah udara negara tersebut, Senin (18/12).

Pesawat Cina memasuki Korean Air Defense Identification Zone (KADIZ) dari barat daya Socotra Rock.

Pulau yang terletak di lokasi tersebut telah menjadi penyebab perselisihan antara Korea Selatan dan Cina. KADIZ di lokasi tersebut tumpang tindih dengan zona pertahanan udara Cina dan Jepang.

Dilansir Independent, Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan, pesawat-pesawat Cina tersebut berada di KADIZ sekitar dua jam 40 menit.

"Militer kami memastikan bahwa mereka adalah pesawat militer Cina melalui Pusat Pengendalian dan Pelaksanaan Angkatan Udara." katanya.

Ditambahkan, militer Korea Selatan segara mengambil "tindakan taktis yang normal" sampai pesawat Cina meninggalkan zona tersebut.

Salah seorang juru bicara Kepala Staf Gabungan mengatakan, kepada Yonhap bahwa pesawat Cina yang sempat beradai di zona tersebut terdiri dari dua bomber, dua jet tempur dan satu pesawat pengintai.

"Kami berbicara dengan pihak Cina mengenai hotline dan mengatakan operasi tersebut merupakan bagian dari latihan rutin," katanya. "Kami menganalisis niatnya yang tepat." katanya lagi.