Selasa, 19 Maret, 2024

Lepas Kontingen Asian Games, Ini Pesan Anies untuk Atlet Jakarta

MONITOR, Jakarta – Gubernur Anies Baswedan hari ini telah melepas kontingen Asian Games, pelepasan kontingen dilakukan di Balai Kota DKI Jakarta dan dihadiri oleh sejumlah atlet, pelatih, asisten pelatih, dan wasit.

Pelepasan dimulai sekitar pukul 14.45 WIB, acara dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan doa.

Dalam sambutannya, Anies percaya para atlet yang berlaga akan mendapatkan prestasi terbaik karena persiapan yang dilakukan selama ini. Anies lalu mengingatkan setiap yang berprestasi dalam Asian Games pasti akan dikenang.

“Insyallah nama-nama yang ada di ruangan ini akan meraih emas Asian Games dan itu artinya nama-nama ini akan diukir dicatatan sejarah Jakarta, sejarah Indonesia, dengan tinta emas,” kata Anies.

- Advertisement -

Anies mengatakan yang diperlukan untuk meraih kemenangan bukan hanya perkara fisik, tapi juga mental.

“Untuk meraih kemenangan butuh bukan saja kekuatan fisik tapi mental, kekuatan mental sangat menentukan. Cerita sejarah banyak sekali yang menggambarkan semangat tinggi menggambarkan kekuatan fisik yang luar biasa,” ujar Anies.

“Kami mendukung menyemangati teman-teman di sini. Anda boleh berlari sendirian tapi ada di belakang Anda 260 juta orang yang berdoa untuk Anda. Kerjakan dengan totalitas,” tambahnya.

Sementara itu diwaktu yang sama, Ketua Komite Olahraga Nasional (Koni) DKI, Djamhuron P Wibowo mengatakan bahwa pelepasan di Balai Kota bisa menjadi dorongan mental kepada para atlet. Djamhuron mengungkapkan, disetiap ajang yang diikuti Indonesia di level internasional, DKI Jakarta selalu menyumbangkan atlet terbaiknya.

“Pelepasan atlet dan pelatih di kejuaraan internasional merupakan tradisi yang senantiasa dilakukan oleh Pemprov dalam rangka memberikan dukungan moril dan semangat tanding duta-duta terbaik bangsa,” ungkapnya.

Dalam pelepasan kali ini tidak semua atlet dari Jakarta bisa mengikutinya sebab beberapa cabang lomba sudah dipertandingkan. Djamhuron menuturkan, DKI Jakarta menyumbangkan jumlah atlet paling banyak dibanding provinsi lainnya di Asian Games 2018.

“Jumlah atlet asal DKI yang tergabung sebanyak 177 orang. Angka ini merupakan jumlah paling banyak di seluruh provinsi. Jumlah pelatih dan asisten sebanyak 95 orang,” terang Djamhuron.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER