Komatsu Indonesia Siap Kembangkan Pendidikan Vokasi Industri

MONITOR Jakarta – Presiden&nbsp Direktur PT Komatsu Indonesia, Pratjojo Dewo menyampaikan, pihaknya berkomitmen untuk melakukan peningkatan kegiatan penelitian dan pengembangan yang berelanjutan di Indonesia melalui kerja sama antara Komatsu Ltd Jepang, Yayasan Komatsu Indonesia Peduli (YKIP) dan sejumlah univeritas di Tanah Air. 

“Dalam tiga tahun terakhir, kami telah mendirikan Pusat teknologi Material, Pusat Pelatihan Keahlian, dan Pusat Pengembangan Desain Asia,” ungkapnya, Rabu (13/12). 

Selain itu, perusahaan meresmikan pendirian omatsu Indonesia Management Development Institute (KIMDI) sebagai salah satu langkah inisiatif kebijakan manajemen dalam percepatan pengembangan sumber daya manusia (SDM) di lingkungan PT Komatsu Indonesia beserta perusahaan afiliasinya.

Menurut Pratjojo, program vokasi link and match yang diinisiasi oleh Kemenperin tidak hanya mampu mendukung proses bisnis internal perusahaan, tetapi juga para pemasok dan semua pemangku kepentingan dalam menginspirasi perubahan lanskap bisnis alat berat yang semakin cepat.

“Dalam kerja sama ini, kami turut membantu dalam hal penyelarasan kurikulum berbasis kompetensi, pengembangan sarana prasarana praktikum dan penyediaan kesempatan praktek kerja industri bagi siswa SMK dan penanganan industri bagi guru serta sertifikasi,” ucapnya.

Pratjojo meyakini, upaya strategis ini akan meningkatkan kapabilitas karyawan PT Komatsu Indonesia beserta perusahaan afiliasi, para pemasok dan semua pemangku kepentingan yang berujung pada peningkatan performa dan efisiensi perusahaan.

"Apalagi program link and match dapat meningkatkan kualitas SDM lulusan SMK dalam memenuhi tuntutan standar industri," imbuhnya.