Jumat, 29 Maret, 2024

Kepulauan Seribu dan TMII Kebanjiran Wisatawan saat Libur Natal

MONITOR, Jakarta – Sejumlah tempat wisata di Jakarta kebanjiran pengunjung pada libur natal kali ini. Kepulauan Seribu dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), menjadi beberapa destinasi yang banyak dikunjungi wisatawan.

Tercatat sebanyak 4.507 wisatawan telah bertolak ke Kepulauan Seribu pada Minggu 23 Desember. Sementara di TMII selama dua hari libur Natal, Sabtu (22/12) dan Minggu (23/12), tercatat sebanyak 103.180 wisatawan berkunjung ke tempat ini.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubag TU) Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kepulauan Seribu, Neneng Roaeni merinci, wisatawan yang berangkat dari Dermaga Marina Ancol sebanyak 1.013 orang dan Dermaga Kaliadem mencapai 2.602 orang. Kemudian dari Dermaga Tanjung Pasir sebanyak 680 wisatawan dan Dermaga Rawasaban berjumlah 212 orang.

“Jumlah wisatawan lokal sebanyak 4.416 orang dan 91 lainnya adalah wisatawan asing,” ujarnya, Senin 24 Desember 2018. Neneng menjelaskan, kunjungan pada H-1 Natal tahun ini lebih rendah dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu. “Tahun lalu mencapai 6.454 wisatawan, terdiri dari 6.176 wisatawan lokal da 278 wisatawan mancanegara,” terangnya.

- Advertisement -

Menurut Neneng, untuk kunjungan ke Kepulauan Seribu pada hari ini hingga pukul 10.15, lebih dari 2.000 wisatawan sudah berangkat dari Dermaga Kaliadem, dan dari Dermaga Marina mencapai lebih dari 1.000 wisatawan.

“Kami berharap, jumlah wisatawan yang ingin berlibur ke Kepulauan Seribu semakin bertambah. Sehingga, geliat perekonomian warga di Kepulauan Seribu juga semakin meningkat,” tandasnya.

Sementara itu Koordinator Badan pengelola dan Pengembangan TMII, Sudiono mengatakan, selama dua hari libur Natal tercatat sebanyak 103.180 wisatawan telah mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

Menurutnya, para pengunjung itu tidak hanya dari Jakarta namun juga dari luar Jakarta. Mereka mengunjungi berbagai wahana dan 34 anjungan provinsi yang ada di TMII. “Dalam dua hari kemarin jumlah pengunjung TMII sudah mencapai 103.180 orang. Target pengunjung kita di akhir tahun ini sebanyak 450 ribu pengunjung,” kata Sudiono.

Dijelaskannya, target 450 ribu pengunjung ini lebih besar dibanding tahun lalu sebesar 400 ribu pengunjung. Untuk mencapai target ini, lanjut Sudiono, pihaknya melakukan berbagai strategi, seperti menyajikan pagelaran musik dan seni budaya khas daerah di 34 anjungan provinsi.

“Kita juga siapkan delapan panggung hiburan yang diisi pagelaram seni budaya, atraksi akrobatik, lagu legenda, reog, sisingaan, dangdut dan sebagainya,” katanya.

Dia menambahkan, untuk memberikan kemanan dan kenyamanan, pihaknya juga menambah areal parkir di di pintu masuk 4 TMII, Taman Burung, Taman Budaya Tionghoa dan sejumlah titik lainnya.

Untuk harga tiket, jelas Sudiono, ditetapkan per orang Rp 25 ribu, mobil Rp 10 ribu, sepeda motor Rp 6.000 dan bus Rp 35 ribu. “Namun saat 31 Desember tiket per orangan naik menjadi Rp 35 ribu, berlaku dari pukul 07.00 hingga 24.00,” tandasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER