Kejar Target Desember, Pengelola Tol Jakarta-Cikampek II Elevated Pakai “Launcher Gantry”

Pengelola jalan Tol Jakarta - Cikampek II Elevated mulai beralih menggunakan Launcher Gantry

MONITOR, Jakarta –┬áJalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated akan menggunakan launcher gantry sebagai alat erection steel box girder. Sebelumnya, PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) selaku pengelola Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated sudah menggunakan tandem crane untuk kegiatan serupa.

Salah satu lokasi pengerjaan Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated dengan menggunakan launcher gantry merupakan median Jalan Tol Jakarta- Cikampek eksisting dari Bekasi Timur ke arah Tambun, sehingga untuk memastikan keamanan dan keselamatan akan dilakukan kegiatan komisioning erection steel box girder dengan launcher gantry.

AVP Corporate Communication Jasa Marga, Dwimawan Heru, menjelaskan bahwa pelaksanaan komisioning adalah pengujian atau melakukan pengujian operasional suatu pekerjaan secara nyata maupun secara simulasi untuk memastikan bahwa pekerjaan tersebut telah dilaksanakan dan memenuhi semua peraturan yang berlaku.

“Pelaksanaan erection steel box girder dengan launching gantry┬ásecara pararel dijadwalkan di tiga lokasi median Jalan Tol Jakarta-Cikampek eksisting yaitu dari Bekasi Barat ke Bekasi Timur, Bekasi Timur ke Tambun, dan Cikarang Barat ke KM. 39 (bulan Agustus 2018). Secara keseluruhan pekerjaan erection steel box girder dengan launcher gantry dijadwalkan selesai pada akhir bulan Desember 2018,” terang Heru, dalam siaran persnya, Senin (16/7).

Heru menambahkan, pelaksanaan komisioning erection steel box girder dengan launcher gantry tersebut termasuk dalam kategori pekerjaan dengan risiko tinggi, sehingga mulai hari Selasa besok, (17/7) akan dilakukan penutupan lajur, yaitu tiga lajur Arah Cikampek (lajur 4, 3 dan 2) dan tiga lajur arah Jakarta (lajur 4, 3 dan 2). Penutupan lajur dilakukan saat window time yaitu antara pukul 21.00 WIB-05.00 WIB.

“Ini dilakukan demi keamanan dan keselamatan kerja untuk pekerja proyek dan demi keamanan dan keselamatan lalu lintas bagi pengguna Jalan Tol Jakarta-Cikampek,” kata Heru.

PT JJC pun mengimbau kepada pengguna jalan untuk dapat menggunakan jalur alternatif. Beberapa jalur alternatif menuju Cikampek yang dapat digunakan pengguna jalan tol adalah Gerbang Tol (GT) Bekasi Barat dan kemudian masuk kembali ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek melalui GT Cibitung, demikian pula dari arah yang sebaliknya.