Kawasan Puncak Bogor Dikepung Longsor, Akses Jalan Ditutup

MONITOR, Puncak – Kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat, dikepung longsor. Akibatnya sejumlah ruas jalan di kawasan Primadona Kabupaten Bogor ini putus. Aparat Polres Bogor pun terpaksa menutup akses jalan menuju arah puncak.

Dari informasi yang dihimpun MONITOR, longsor pertama terjadi di kawasan Desa Tugu, Jalan Raya Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (5/2) pukul 09:15 WIB.

Dari akun tmcpolresbogor diperoleh informasi, sebanyak 4 lokasi terjadinya tanah longsor, antara lain di Desa Tugu dan di seputaran Masjid Attaawun, Jalan Raya Puncak, Jawa Barat. Petugas bersama warga saling bahu-membahu membersihkan longsoran tanah dan kabel listrik yang tumbang ke badan jalan.

Info terkini yang didapat sejak pukul 09:15 wib jalur Puncak ditutup mulai polingga untuk memudahkan evakuasi longsor dan material lainnya dari 4 titik, yakni Grand Hill, Gunung Mas, Masjid At-taawun.

Arus alulintas dari arah Cianjur juga ditutup total. Lalu diarahkan melalui Jonggol. Sementara arus lalu lintas dari jalur Puncak diarahkan melalui Sukabumi.

Kasat Lantas Polres Bogor, AKP Hasby Ristama mengatakan, longsor yang melanda pukul 09.20 WIB. Kata dia, ada tiga lokasi yang dilanda longsor masing-masing di Dekat Masjid Attaawun, Riung gunung dan Kampung Widuri.

Kondisi badan jalan sudah tertutup karena tanah turun dari bukit-bukit yang ada disepanjang jalur puncak. Sementara panjang tanah yang menutupi jalan sudah 20 meter.

Tidak hanya itu, beberapa tiang listrik juga roboh hingga menganggu lalu lintas.

“Jalan di puncak tidak dapat dilalui lagi. Kami sudah tutup jalur untuk dua arah baik untuk naik maupun turun. Kami lakukan rekayasa jalur agar pengguna jalan menggunakan jalur alternatif,” ujarnya.

Hasby juga mengajak para stakholder terkait untuk melaksanakan penanganan bencana. “Kami gelar personel Polres Bogor sebanyak 100 orang untuk evakuasi longsor. Kami menghimbau masyarakat agar jangan menggunakan jalur puncak terlebih dahulu,”pungkasnya