Selasa, 19 Maret, 2024

Jokowi Instruksikan Evakuasi Korban Banjir Sentani Secepatnya

MONITOR, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan duka cita mendalam bagi para korban banjir bandang yang menerjang Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu (16/9) malam, yang telah mengakibatkan lebih 50 orang meninggal dunia.

“Saya menyampaikan duka cita yang mendalam kepada seluruh keluarga korban yang meninggal karena peristiwa,” kata Presiden Jokowi kepada wartawan usai menghadiri Deklarasi dan Sosialisasi Keselamatan Berlalu lintas, di Jakarta International Container Terminal (JICT),  Tanjung Priok, Jakarta, Minggu (17/3) sore.

Ia mengaku telah mendapatkan laporan dari Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo, terkait bencana banjir bandang yang menerjang Sentani itu. Segera setelah itu, menurut Presiden, dirinya langsung menginstruksikan Kepala BNPB untuk langsung menuju lokasi terdampak dan mengkoordinasi jalannya evakuasi para korban.

“Yang paling penting penanganan evakuasi secepat-cepatnya,” tegas Jokowi.

- Advertisement -

Selain itu, sebagai langkah preventif ke depannya, Presiden juga meminta laporan hal-hal lainnya terkait penyebab terjadinya bencana yang hingga saat ini sudah menimbulkan korban sebanyak puluhan jiwa itu.

Hal itu diperlukan sebagai bahan masukan bagi pemerintah untuk menyiapkan upaya penanganan dari sisi hulu tidak hanya di Sentani saja, tapi juga di daerah-daerah lain di seluruh Indonesia.

“Ini saya kira penanganan hulu, kerusakan hulu, yang harus segera diselesaikan. Inilah ke depan yang ingin kita kerjakan,” tandasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER