Jelang Asian Games, Polda Jatim Tangkap Ribuan Preman Jalanan

Ribuan preman di Jatim ditangkap jeleang asian games (Foto: dok Viva)

MONITOR, Jakarta – Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) dan kepolisian resor jajaran berhasil menangkap 5.723 preman jalanan mulai bulan Mei-Juli 2018. Operasi ini dilakukan demi kelancaran jelang Asian Games 2018 yang tak lama lagi akan diselenggarakan di Jakarta dan Palembang.

Kepala Polda Jatim, Inspektur Jenderal Polisi Machfud Arifin, mengatakan operasi ini dilakukan atas perintah dari Mabes Polri.

Selain preman, polisi juga mengungkap 1.338 kasus pencurian dengan jumlah tersangka sebanyak 3.541 orang. Kasus pencurian itu melibatkan hilangnya 283 kardus produk Unilever di dalam sebuah truk kontainer yang juga dicuri.

“Preman yang ditangkap, nantinya akan dimasukkan dalam program pembinaan, dan sebagian akan menjalani proses hukum, ujar Machfud, Selasa (31/7).

Polisi juga berhasil mengungkap pencurian dengan tindak kekerasan dengan jumlah tersangka sebanyak 4 orang. Ke-4 tersangka tersebut sudah beraksi di 30 tempat kejadian perkara.

“Hal ini kita lakukan, agar meningkatkan penindakan premanisme dan 3C dalam rangka mendukung Asian Games 2018,” tutup Machfud.