Jasa Marga Catat 60 Ribu Kendaraan Lintasi GT Cikarang Utama

MONITOR, Jakarta – Jelang libur panjang Imlek tahun 2018 kendaraan yang melintas di Gerbang Tol Cikarang Utama mengalami penurunan. Jasa Marga selaku operator tol tersebut mencatat ada sekitarnya 60 ribu lebih kendaraan, atau menurun 2,4% dari lalu lintas harian normal, yaitu 62 ribu, melintasi Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama arah Cikampek.

Meskipundemikian kondisi lalin di Jalan Tol Jakarta-Cikampek terpantau padat, hal tersebut dipengaruhi karena masih banyaknya kendaraan berat (non golongan 1) yang melintasi Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek yaitu sebesar 14 ribu kendaraan atau 23,7%, dan kepadatan karena adanya beberapa proyek pekerjaan yang menyebabkan penyempitan, seperti pembangunan proyek Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek, maupun pekerjaan perawatan jalan.

Selain itu, makin diminatinya jalur Jakarta-Cikampek sebagai jalur alternatif pemudik yang menuju Jawa Barat, Jawa Tengah serta Jawa Timur dan sekitarnya, menyebabkan terjadi kepadatan di titik tertentu. 

Guna mengurai kepadatan lalu lintas yang melintasi GT Cikarang Utama arah Cikampek, pada pukul 19.30-23.00 WIB lalu lintas dialihkan keluar GT Cikarang Barat 3 dan masuk kembali melewati GT Cikarang Barat 1.

Kepadatan lainnya juga terjadi di akses masuk dan keluar rest area, untuk mengantisipasi kepadatan di GT Cikarang Utama dan Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Jasa Marga berkoordinasi dengan pihak Kepolisian melakukan sejumlah upaya, diantaranya Contra Flow dan pengaturan lalu lintas lainnya.

Jasa Marga mengimbau kepada seluruh pengguna jalan untuk selalu berhati-hati dalam berkendara, mematuhi rambu-rambu dan mengikuti arahan petugas di lapangan.