Kamis, 25 April, 2024

Rokhmin Dahuri Paparkan Gagasan Pengelolaan Kawasan Laut Tiongkok Selatan di Beijing

MONITOR, Beijing – Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB) dan mantan Menteri Kelautan, Prof. DR. Ir. Rokhmin Dahuri, MS menjadi pembicara dan narasumber dalam forum Experts Meeting on Fisheries Management and Marine Environment Protection in The South China Sea di China Institute for International Studies, Beijing, China, Rabu (6/6/2018).

Dalam forum yang dihadiri oleh 50 ahli dari Negara-Negara ASEAN, China, USA, Australia, UK dan NGOs tersebut, pakar Kelautan Indonesia yang juga Ketua Masyarakat Akuakultur Indonesia (MAI) tersebut memaparkan gagasan tentang teknik, prosedur dan lembaga kerjasama regional untuk mengatasi permasalahan di bidang perikanan, pencemaran laut oleh plastik dan berbagai jenis limbah lainnya, dan kerusakan lingkungan lainnya di kawasan Laut Tiongkok Selatan.

“Kerusakan lingkungan di kawasan Laut Tiongkok Selatan perlu diantisipasi sedini mungkin sekaligus harus menjadi perhatian banyak pihak,” paparnya.

- Advertisement -

Adapun hal lain yang dibahas dalam forum tersebut adalah usulan mengenai konsep pengelolaan perikanan berkelanjutan, pengembangan coastal and marine aquaculture, pembangunan industri pengolahan hasil perikanan, dan industri bioteknologi kelautan.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER