Batalkan Pertandingan dengan Israel, Timnas Argentina tuai pujian

Protes Palestina atas Pertandingan Argentina vs Israel

MONITOR – Tim Nasional Argentina akhirnya membatalkan pertandingan persahabatan dengan Israel. Hal tersebut dilakukan tak lain karena tekanan politik yang kian tinggi pada laga yang sebelumnya direncanakan bakal digelar di Yerusalem, Sabtu (9/6/2018).

Keputusan Argentina membatalkan pertandingan melawan Israel dipuji banyak pihak tak terkecuali pemainnya sendiri seperti Gonzalo Higuain. Dikutip dari The Guadian, bintang Juventus itu mengatakan keputusan Timnas sebagai hal yang benar.

“Mereka (timnas Argentina) akhirnya melakukan hal yang benar,” kata Higuaín dalam wawancara dengan ESPN sepeti dikutip dari Antara, Rabu (6/6/2018).

Demonstrasi menolak pertandingan Argentina vs Israel

Sebelumnya, Lionel Messi dkk akan melakukan pertandingan persahabatan di Stadion Teddy Kollek, Yerusalem melawan Israel sekaligus menjadi pemanasan terakhir Argentina jelang pertandingan Piala Dunia di Rusia melawan Islandia 16 Juni nanti.

Merespon pembatalan tersebut, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu kabarnya telah menelepon Presiden Argentina Mauricio Macri untuk membujuk timnas Argentina agar tidak membatalkan lawatan ke Israel itu.

Kedatangan Timnas Argentina di Israel sendiri sudah dinantikan banyak orang Israel, khususnya karena faktor Lionel Messi.

Sementara itu Palestina menyambut gembira langkah timnas Argentina itu di mana penduduk Gaza dan Ramallah di Tepi Barat bersuka cita menyambutnya.

“Federasi Sepak Bola Palestina berterima kasih kepada para pemain Argentina yang dipimpin bintang Messi karena telah menolak dimanfaatkan untuk kepentingan non olag raga,” tulis federasi sepak bola Palestina dalam pernyataan tertulisnya.