Ini Alasan Anies Tolak Usulan Penambahan Personil Damkar

MONITOR, Jakarta – Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI, Subejo, mengungkapkan pihaknya masih kekurangan sumber daya manusia.

Subejo menyebut, setidaknya dia masih memerlukan 600 personel tambahan agar mencapai formasi ideal dalam setiap penanganan saat kejadian.

"Kita berharap nanti sesuai kemampuan Pemda, kita kaji lagi karena masih ada kekurangan. Kita mohon lagi ke Pemda. Kita sudah ada penambahan 1.200 mungkin tahun depan kalau diijinkan kita mohon 600 lagi. Sehingga, 1 unit bisa membawa 5 orang dan bisa lebih optimal," kata Subejo disela-sela peringatan HUT ke-99 Pemadam Kebakaran (Damkar) Indonesia, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (1/3).

Namun keinginan Subejo untuk bisa menambah personil tidak diamini oleh amini oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Orang nomor satu di Jakarta itu ternyata lebih memilih memikirkan kesejahteraan personel Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI ketimbang melakukan penambahan personil.

Menurut Anies masih banyak petugas damkar yang masih berstatus pekerja harian lepas (PHL).

Anies mengatakan, saat ini pihaknya tengah meninjau kembali kebijakan Pemprov DKI terhadap PHL damkar termasuk dengan tunjangan yang diperoleh.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengatakan, Pemprov DKI akan lebih memperhatikan kesejahteraan keluarga para personel Damkar.

"Tadi sudah dibicarakan, kita akan review. Bagi kita adalah yang penting mereka bekerja untuk keselamatan warga. Bagian kita memikirkan keselamatan dan kesejahteraan keluarganya. Nanti kira cari solusi terbaiknya. Satu, sesuai ketentuan pemerintah. Dua, adil," pungkasnya.‎