Ingin Mudik Tahun Ini, Begini Tips Cari Tiket Kereta Lebaran Buat Kamu

Lebaran selalu menjadi momen mudik yang penuh dengan cerita. Diantaranya pencarian tiket kereta api yang butuh tips khusus agar jangan sampai kehabisan. Seperti apa tipsnya?

60
Sumber: Antara Foto/M Risyal Hidayat

MONITOR, Jakarta – Saat musim libur Lebaran tiba, mudik menjadi sebuah tradisi yang turun temurun di negeri ini. Ribuan orang yang bekerja di perantauan, pulang ke kampung halaman dengan harapan bisa berkumpul dengan keluarga di hari penuh bahagia ini. Ketika momen mudik tiba, jalanan pun penuh dengan kendaraan. Pun tiket kereta api selalu ludes terjual sejak jauh hari sebelum momen Lebaran tiba.

Mudahnya pembelian tiket kereta api secara online membuat tiket kereta Lebaran jadi lebih cepat habis. Membludaknya peminat mudik dengan kereta api yang trendnya selalu meningkat dari tahun ke tahun pun membuat perburuan tiket kereta jadi cukup sengit.

Lalu bagaimana caranya agar kamu bisa dapat tiket kereta Lebaran? Coba ikuti tips berikut ini.

Manfaatkan Kereta Lanjutan

Selain kereta langsung, kamu juga bisa pulang ke kampung halaman dengan menumpang kereta lanjutan. Manfaatkan fitur yang hanya tersedia di Traveloka ini untuk mudik, dengan menumpang dua kereta dan transit di satu stasiun sesuai dengan rute yang kamu pilih.

Waktu dan jarak tempuh kereta lanjutan lebih lama dan panjang daripada kereta langsung. Namun dengan cara ini, kamu tetap bisa pulang mudik naik kereta dengan nyaman dan bebas dari macet.

Cek Ketersediaan Kereta Secara Berkala

Ketersediaan tiket kereta Lebaran bisa berubah hanya dalam hitungan menit atau bahkan detik. Pembatalan dari penumpang lain pun sangat mungkin terjadi, dan membuat ketersediaan kursi berubah. Selalu cek ketersediaan kereta secara berkala. Cara mudahnya adalah dengan memanfaatkan fitur Seat Alert yang akan mengirimkan notifikasi begitu ada kursi yang tersedia di tanggal yang kamu inginkan.

Buru Tiket Kereta Tambahan

Mengantisipasi lonjakan penumpang, perusahaan kereta api Indonesia selalu menyediakan kereta tambahan setiap Lebaran dan momen libur panjang atau hari besar. Untuk Lebaran 2019 ini, ada 50 gerbong kereta tambahan yang disediakan untuk jalur-jalur padat penumpang.

Tiket kereta tambahan ini sudah bisa dibeli sejak H-60 Lebaran, dan loket sudah dibuka sejak awal April lalu. Kamu bisa membelinya di stasiun, situs resmi kereta api atau melalui online travel agent terpercaya seperti Traveloka.

Pasang Aplikasi Online Travel Agent

Manfaatkan cara mudah untuk membeli tiket kereta Lebaran, yaitu dengan memasang aplikasi online travel agent di ponsel kamu seperti Traveloka. Banyak fitur-fitur pendukung yang akan membantu perburuan tiket mudik, seperti seat alert dan Passenger Quick Pick.

Cara pembayaran yang mudah juga akan membantu mempercepat transaksi pembelian tiket kereta Lebaran, sehingga kamu tidak sampai kalah saing dengan penumpang lainnya.

Simpan E-Ticket Dengan Baik

Ketika transaksi pembelian tiket kereta api Lebaran sukses, kamu akan mendapatkan e-ticket untuk ditukarkan dengan boarding pass di stasiun nantinya. E-ticket ini dikirimkan melalui beberapa metode, yaitu lewat surel (seperti Yahoo Mail, Gmail), SMS dan bisa dicek di kolom pemesanan di aplikasi.

Simpan e-ticket yang sudah dikirimkan dengan baik. Jangan sampai hilang atau terhapus secara tidak sengaja.

Ketika sudah tiba di stasiun pada hari keberangkatan, tukarkan e-ticket ini di mesin pencetak boarding pass. Masukkan kode yang tertera di e-ticket, kemudian pilih menu cetak boarding pass dan kamu bisa melakukan check-in di stasiun kereta api.

Simpan boarding pass baik-baik di tempat aman, dan selamat mudik ke kampung halaman!