Ibu Negara Timor Leste Tertarik RPTRA Kalijodo Karya Ahok

Ibu negara Timor Leste, Cidalia Mozinho Gutterres Lu-Olo saat berkunjung ke RPTRA Kalijodo (dok: Asep Monitor)

MONITOR, Jakarta – Ibu negara Timor Leste, Cidalia Mozinho Gutterres Lu-Olo ternyata mempunyai perhatian besar terhadap Keberadaan Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo.

Dalam kunjungannya ke RPTRA Kalijodo, Ibu Negara Timor Leste ini mengatakan, kalau dirinya sangat mengapresiasi adanya tempat bermain seperti RPTRA Kalijodo.

“Anak-anak mempunyai haknya untuk mendapat perlindungan, belajar dan bermain,” ungkap Cidalia yang diterjemahkan dalam bahasa Indonesia.

Kehadiran Ibu Negara Timor Leste di RPTRA Kalijodo didampingi Istri Gubernur DKI Jakarta, Fery Farhati.

Dalam kunjungannya, Ibu Negara Republik Demokratik Timor Leste diajak berkeliling area RPTRA Kalijodo dan meninjau beberapa fasilitas di ruang publik tersebut. Mulai dari Ruang Perpustakaan, Ruang Bermain Anak, Ruang Aduan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), taman bermain, dan Rumah Dataku. Tak ketinggalan keberadaan kampung KB Kalijodo pun jadi tempat yang dikunjungi.

Istri Gubernur DKI Jakarta yang juga ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi DKI Jakarta tersebut mengajak Ibu Negara Republik Demokratik Timor Leste untuk berinteraksi dengan beberapa kelompok masyarakat seperti Kelompok Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR), dan Bina Keluarga Lansia (BKL).

Ibu negara Timor Leste, Cidalia Mozinho Gutterres Lu-Olo saat berkunjung ke RPTRA Kalijodo (dok: Asep Monitor)

“Semoga kunjungan Ibu Negara Republik Demokratik Timor-Leste dapat meningkatkan kerjasama Indonesia-Timor-Leste untuk tujuan kesejahteraan masyarakat, khususnya dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta,” tutur Fery Farhati dalam sambutannya.

Fery Farhati juga menjelaskan kepada tamu undangan yang hadir bahwa Kampung KB adalah satuan wilayah setingkat RW atau dusun yang memiliki kriteria tertentu, yaitu terdapat keterpaduan program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dan pembangunan sektor terkait yang dilaksanakan secara sistemik dan sistematis.

Sementara itu, Sigit Priyo Utomo, Pelaksana Tugas Ketua BKKBN menyampaikan bahwa Kampung KB sudah tersebar di sebagian besar wilayah di Indonesia mulai dari kabupaten, kota, kecamatan, sampai dengan desa di Indonesia.

“Keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat yang menjalankan fungsi-fungsi mendasar seperti fungsi mengenalkan agama, sosial budaya, cinta dan kasih sayang, perlindungan, reproduksi, sosialisasi dan pendidikan, ekonomi, serta lingkungan,” ucap Sigit.

Sekedar diketahui, keberadaan RPTRA Kalijodo dibangun saat Jakarta dipimpin oleh Basuki Tjahaja alias Ahok. Sebelum menjadi RPTRA kawasan ini dikenal sebagai kawasan prostitusi terbesar di Jakarta.