Hijaukan Ibukota, Pemprov DKI Anggarkan 27 Miliar Lebih

MONITOR, Jakarta – Tahun depan Ibukota Jakarta akan terlihat hijau. Pasalnya, di tahun ini Dinas Kehutanan DKI Jakarta berencana membangun 50 taman tersebar di lima wilayah Jakarta.

Bahkan anggaran yang dialokasikan untuk membangun taman tersebut nilainya tak tanggung-tangung. Diketahui jumlahnya mencapai Rp 27 miliar lebih.

Kepala Dinas Kehutanan DKI Jakarta, Djafar Muchlisin, membenarkan bahwa dinas yang dinahkodainya sudah mengajukan anggaran untuk membangun 50 taman tersebut. Sementara ini, pihaknya sudah mengusulkan anggaran di APBD tahun ini sebesar Rp 27,36 miliar.

Dari sekitar 50 taman tersebut, menurut Djafar, sebanyak lima di antaranya merupakan Taman Maju Bersama (TMB) yang nantinya akan dibangun di masing-masing wilayah Kota Jakarta.

"Kami berencana membangun taman-taman di 25 lokasi. Kemudian, di masing-masing wilayah nanti juga akan dibangun sebanyak lima TMB, sehingga totalnya ada 50 taman yang akan dibangun," ujar Djafar di Balaikota Jakarta, Jumat (6/4).

Dia menuturkan, TMB serta Taman Pintar yang dibangun di lima wilayah itu nantinya akan dijadikan sebagai wadah untuk seluruh kegiatan masyarakat, diantaranya kegiatan ekonomi, pendidikan, rekreasi dan interaksi.

"Sementara itu, untuk pemanfaatan sekaligus pengelolaan taman-taman tersebut kedepannya juga akan melibatkan seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait," tutur Djafar.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan anggaran yang dialokasikan untuk pembangunan dan penataan 50 taman tersebut pada awalnya sebesar Rp27,36 miliar. Namun, ada kemungkinan berubah.

"Anggaran itu bisa saja berubah, terlebih setelah kami melakukan pematangan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2017-2022 bersama Komisi D DPRD DKI beberapa waktu lalu. Anggarannya kemungkinan bertambah," pungkasnya.