Hari Pertama Idul Adha, Jemaah Haji Lakukan Lempar Jumroh

MONITOR, Makkah – Setelah melakukan ritual ibadah yang padat di Padang Arafah, Jemaah haji kembali ke Mina, Jumat (1/9) pada hari pertama Idul Adha.

Perjalanan dilakukan dari Muzdalifa, dimana jemaah haji menghabiskan malam pada hari sebelumnya, sekitar 2 juta jemaah hajitt akan menyelesaikan ritual ibadah haji mereka.

Para jemaah berjalan melalui jalan Mina yang berkelok-kelok menuju Jamarat, dipandu para petugas dan relawan agar tidak tersesat. Sesekali petugas menyiramkan air kepada jemaah mengingat iklim Arab Saudi yang kering, agar perjalanan mereka semakin nyaman.

Di dalam kompleks Jamarat, jemaah ambil bagian dalam ritual lempar jumroh, yakni melempar krikil ke tiga tiang besar yang disebut Aqobah, yang melambangkan iblis.

Jamaah haji tersebar memadati lokasi sekitar tiang yang berbentuk elips dan melempar batu dengan teratur. Nampak jemaah mengenakan pakaian ihram dan jemaah haji laki-laki telah mencukur rambutnya.

Tiga hari mendatang, jemaah akan bermalam di Mina untuk menyelesaikan ibadahnya. Lokasinya telah ditinjau langsung oleh Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz pada Kamis malam untuk memastikan keamanan jemaah, sementara itu Gubernur Makkah Khalid Al-Faisal mengatakan bahwa fase Arafah dari musim haji tahun ini telah berjalan dengan lancar.