Hari Perdana Pemberlakuan Ganjil-Genap Tol Japek dari Bekasi

MONITOR, Bekasi – Kebijakan pemilahan plat mobil ganjil-genap di ruas jalan tol Jakarta-Cikampek mulai diterapkan di gerbang tol Bekasi Barat 1 sejak pukul 06.00 WIB, Senin.

Berdasarkan kebijakan tersebut, kendaraan yang diizinkan melintas hari ini adalah yang berplat genap, termasuk nomor kendaraan yang diakhiri angka 0.

Pemberlakuan perdana larangan melintas bagi kendaraan berpelat nomor ganjil di tiga gerbang tol Kota Bekasi, Jawa Barat, Senin pagi, memicu pergerakan kendaraan lebih pagi, sebelum penerapan aturan pukul 06.00 WIB.

 "Pergerakan penumpang dan barang saat ini ada perubahan. Mereka lebih pagi keluar dari rumah dan ada percepatan pergerakan hingga terjadi penumpukan pada pukul 05.00-06.00 WIB," kata Kepala Badan Penyelenggara Transportasi Jabodetabek Bambang Prihantono di Bekasi, Senin (12/3).

Dikutip dari Antara, penumpukan kendaraan terjadi di GT Bekasi Barat 1 dan Bekasi Barat 2 serta Tol Bekasi Timur menjelang larangan melintas kendaraan dengan pelat nomor ganjil.

Bahkan, kendaraan yang berpelat genap pun ada yang urung melalui jalan tol karena kepadatan di pintu masuk.

Sementara itu, masih ada kendaraan berplat ganjil yang melintas menuju gerbang tol, namun, petugas yang berjaga segera memerintahkan untuk berputar balik.