H-2 Lebaran, 646 Ribu Kendaraan Tinggalkan Ibukota

Kendaraan melintasi ruas tol yang dikelola Jasa Marga pada H-2 lebaran

MONITOR, Jakarta – Sejak H-8 hingga H-2 lebaran Idul Fitri 2018 atau tepatnya hari Rabu (13/6) terpantau sebanyak 646 ribu kendaraan telah meninggalkan Jakarta melalui Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Manager Media Relation Herald Galingga mengatakan, jumlah tersebut meningkat 37% dari volume lalin normal yaitu 469 ribu kendaraan.

Selain itu ia memaparkan Jasa Marga terus mencatat distribusi lalu lintas dari GT Cikarang Utama ke Jalur Utara (via GT Palimanan dan GT Cikampek) adalah sebesar 61%.

“Untuk kendaraan yang menuju Jalur Selatan (via GT Sadang dan GT Cileunyi) adalah sebesar 39 persen,” ujarnya, dalam keterangan yang diterima MONITOR, Kamis (14/6).

Sementara pantauan lalu lintas pada H-2 Lebaran sendiri, Jasa Marga mencatat 83.737 kendaraan meninggalkan Jakarta melalui GT Cikarang Utama. Angka tersebut naik 24% dari volume lalin normal, 67.112 kendaraan.

“Kami mengimbau kepada pengguna jalan tol yang hendak melakukan mudik untuk memastikan kecukupan saldo uang elektronik sebelum memasuki jalan tol. Layanan top up tunai di gerbang tol hanya dilakukan dalam kondisi darurat,” jelasnya.