Kamis, 28 Maret, 2024

Gempa 8,4 SR Guncang Meksiko

MONITOR, Mexico City – Gempa berkekuatan 8,4 skala Richter (SR) mengguncang lepas pantai Meksiko hari Jumat (8/7) waktu sempat.

Tiga orang dikabarkan tewas dalam bencana tersebut. Selain itu, evakuasi massal serta peringatan tsunami telah dilakukan di seluruh wilayah tersebut.

Dilansir dari The Guardian, gempa terjadi 165 kilometer sebelah barat negara bagian Chiapas sesaat sebelum tengah malam pada Kamis waktu setempat, dan disebut sebagai gempa terkuat di negara itu sejak 1985, menurut lembaga perlindungan sipil.

Tiga orang dipastikan tewas di Chiapas, kata gubernur, saat pusat peringatan tsunami Pasifik mengatakan gelombang setinggi 3 meter dapat menerjang pantai.

- Advertisement -

Gelombang awal tercatat di kota-kota Meksiko seperti Salina Cruz, Puerto Madero dan Huatulco antara 0,3 hingga 0,7 meter di atas permukaan air pasang.

Mereka memperkirakan gelombang antara 0,3 hingga 1 meter bisa terjadi di Kepulauan Cook, Ekuador, El Salvador, Fiji, Polinesia Prancis, Guatemala dan Kiribati.

Gelombang di bawah 0,3 meter diperkirakan dapat terjadi di negara-negara sejauh Australia, Jepang dan Vietnam. Ancaman tsunami ke Hawaii masih dalam evaluasi, kata pusat peringatan tersebut.

Di Chiapas, orang-orang meninggalkan gedung apartemen, mengenakan piama, dan berkumpul secara berkelompok di jalanan.

Sekitar tengah malam bangunan bergoyang kuat selama lebih dari satu menit, mengendurkan lampu dari langit-langit rumah. (ANT)
 

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER