Gara-gara Pohon Imitasi, Anies Sebut Anak Buahnya Ngawur

MONITOR, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tak bisa menyembunyikan kemarahannya, manakala awak media menanyakan keberadaan pohon imitasi yang belakangan terlihat menghiasi sejumlah trotoar di Ibukota.

Orang nomor satu di Jakarta ini mengatakan, pihaknya belum tahu soal pemasangan pohon imitasi yang banyak dipasang di trotoar jalan protokol tersebut.

“Kalau saya saja belum tahu ada pemasangan pohon imitasi, mana mungkin saya yang perintahkan untuk memasang pohon-pohon imitasi itu. Ini jadi tidakan ngawur tanpa pernah dikordinasikan ataupun diberitahukan ke saya selaku gubernur,” tegas Anies.

Atas kejadian ini, Anies semakin meyakini bahwa anak buahnya main sendiri tanpa pernah meminta pendapatnya terlebih dahulu atau sekadar berkoordinasi.

“Pokoknya ini jelas tindakan ngawur. Saya akan cari ini ide datangnya dari siapa. Kok bisa melakukan sesuatu tanpa pernah koordinasi,” tukasnya.

Namun Anies mengaku, berdasarkan laporan yang diterimanya pohon-pohon imitasi tersebut ternyata yang punya adalah Dinas Perindustrian dan Energi (DPE).

“Saya sudah intruksikan kepada suku dinas perindustrian dan energi di Jakarta Pusat agar keberadaan pohon – pohon imitasi itu dicabut semua,” terangnya.

Anies pun berharap, kedepan kasus seperti ini tak terulang lagi dimana anak buahnya jalan sendiri dalam memutuskan kebijakan.

Sementara itu dari informasi yang diperoleh menyebutkan, kalau pohon-pohon imitasi tersebut adalah inventaris milik Suku Dinas Perindustrian dan Energi Jakarta Pusat.