Gandeng Telkom, Pemprov DKI Berharap Wujudkan Tata Kelola Pemerintah Berbasis Data

MONITOR, Jakarta – Pemprov DKI menyimpan harapan besar atas kerjasama kemitraan layanan Informasi Communication Technologies (ICT) dengan Telkom Indonesia. Hal itu diungkapkan langsung oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, saat melakukan kunjungan ke Living Lab Smart City Nusantara PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom Indonesia), di Gedung Telkom Living Lab Smart City Nusantara, Jl. Gunung Sahari Raya No.53, Jakarta Pusat, Selasa (10/4).

Menurut Sandi panggilan akrab Sandiaga Uno, kerjasama kemitraan dengan Telkom harus terus ditingkatkan termasuk dalam implementasi Sistem Informasi Smart City dalam rangka pengembangan ICT 2018.

Tujuannya tak lain, sambung Sandi, guna mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dalam memberikan pelayanan publik dan perumusan serta implementasi kebijakan berbasis data, serta terwujudnya visi misi Pemprov DKI Jakarta.

Sandi pun mengapresiasi dan terkesan dengan kecanggihan teknologi informasi di Living Lab Smart City Nusantara Telkom Indonesia yang dapat mendukung kesuksesan kebijakan atau program Pemprov DKI Jakarta berbasis data.

“Saya sangat senang sekali, hari ini mendapat kesempatan bersama tim mengunjungi Living Lab dari Smart City Nusantara. Seperti kita ketahui, Smart City sekarang sudah berevolusi untuk menjadi bagian terpenting dari pengelolaan kota (dan) penataan, juga bagaimana memperbaiki pelayanan dari masyarakat,” tuturnya.

Smart City bukan hanya ‘kota’ nya yang cerdas (smart) tetapi The Citizen of The City getting smarter and smarter”. Karena itulah salah satu kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kedepan diarahkan harus berbasis data dan analisa yang rasional.

“Kita bicara bagaimana menggunakan data-data yang ada, sekarang kita harus menghadirkan kebijakan berbasis data; jadi mulai penataan keamananan, ekonomi, (dan) penataan kerakyatan khususnya itu semua harus berbasis data,” terang Wagub Sandiaga.

Pemprov DKI Jakarta juga mengambil kesempatan ini untuk terus bermitra baik dengan Telkom Indonesia menggunakan Living Lab Smart City Nusantara, supaya juga dapat menghadirkan lapangan kerja yang luas di Jakarta.

“Kita ketahui Smart City tidak berhenti di Smart City (saja), tapi juga kita bicara mengenai smart people, smart economy, smart industry dan tentunya safe city. Banyak sekali harapan masyarakat untuk lapangan kerja dan kebijakan pemerintah bisa menghadirkan sebuah solusi,” tukasnya.

Untuk program kewirausahan Pemprov DKI Jakarta OK OCE, Telkom Group telah bekerjasama dengan OK OCE Tech yang meluncurkan beberapa solusi digital antara lain halaman khusus OK OCE melalui marketplace Blanja.com.

“Saya baru mendapat kabar, untuk manual OK OCE sudah menembus 60 ribu, nah saya ingin bekerja sama dengan Smart City Nusantara (Telkom Indonesia), 60 ribu ini bagaimana kita bisa kemas, karena bisa menjadi kekuatan. Ini menunjukan memang Jakarta membutuhkan lapangan kerja yang luas,” pungkas Wagub Sandiaga.

Diketahui, Living Lab Smart City Nusantara merupakan sebuah experience center yang disediakan oleh Telkom Group untuk para stakeholder Smart City, khususnya para pihak yang memiliki interest terhadap implementasi Smart City.