Flaka Beredar Bebas di Indonesia BNN: Ini Parah Banget

MONITOR,Tangerang – Sebagai negara dengan penduduk cukup banyak, Indonesia menjadi salah satu sasaran peredaran narkoba jaringan internasional. Terbukti, Flaka sebagai varian narkoba teranyar sudah masuk dan beredar bebas di Tanah Air.

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol Budi Waseso mengungkapkan, peredaran dan penyalahgunaan narkoba di Indonesia sudah pada fase mengkhawatirkan. Bahkan dari setiap barang bukti yang kerap dimusnahkan BNN hanya sebagian kecil dari yang beredar di masyarakat.

“Kalau dibilang parah ya parah, parah banget. Karena apa, ini baru sebagian yang kita tangkap dan selamatkan. Ini hanya beberapa jenis yang kami temukan,” ujar pria yang akrab disapa Buwas itu di Tangerang, Selasa (15/8).

Jenis narkoba yang tengah fokus diselidiki penyebarannya oleh BNN adalah flaka. Pasalnya, barang haram yang sedang hits di media sosial itu belum diketahui jalur peredarannya.

“Termasuk flaka, yang kita takuti karena video di Youtube, itu sudah masuk di Indonesia. Sekarang kami bekerja keras dengan Polri dengan Bea Cukai untuk menelisik jaringan flaka masuknya lewat mana,” tutur Buwas.

Untuk itu, Buwas berpesan kepada masyarakat agar tetap waspada dan berperan aktif dalam upaya menekan peredaran narkoba di wilayahnya masing-masing. Mengingat, narkoba merupakan salah satu ancaman serius bagi bangsa.

“Tapi jangan lengah, kita harus mengungkap terus, karena ini adalah ancaman bangsa dan harus kita hadapi semua. Kita harus berbuat sesuai dengan peran masing-masing,” tambahnya.