Film Kawal Harta Negara Dapat Apresiasi Sineas

MONITOR Jakarta – Festival Film Kawal Harta Negara (FFKHN) yang diselenggarakan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI menuai apresiasi dari sejumlah kalangan, termasuk Sineas Slamet Rahardjo.

Slamet mengakui keberadaan FFKHN sangat bermanfaat bagi elemen masyarakat. Hal itu dianggapnya mampu menjadi garda terdepan untuk mempelajari seluk beluk BPK lebih mendalam.

Melalui ajang tersebut, Slamet optimis masyarakat mampu lebih maju dalam menggali sejumlah isu kontemporer terkait bangsa dan negara.

"Saya mendapat kesan bahwa kita baru mencoba ingin tahu, namun belum sepenuhnya tahu. Cukup dengan berpikir harta negara, dia menang karena ini bukan soal teknis, tapi tentang kemampuan berimajinasi," ujar Slamet, aktor sekaligus Dewan Juri FFKHN 2017.

Sementara itu, Ketua BPK Moermahadi Soerja Djanegara turut mendorong masyarakat agar lebih kreatif dan inovatif dalam menciptakan film tentang harta negara.

"Minatnya begitu banyak, kita tidak berhenti sampai di sini. Kita juga ingin mendorong kreativitas insan film tentang bagaimana membuat tayangan mengenai harta negara," ujarnya.

Diketahui, Festival Film Kawal Harta Negara (FFKHN) ini digelar BPK RI atas kerjasama sejumlah pihak. Adapun rangkaiannya telah berlangsung sejak Maret 2017 silam.