Jumat, 19 April, 2024

Donald Trump Ancam Tarik Dana Hibah

MONITOR, Washington – Presiden Amerika Serikat Donald Trump kembali mempertontonkan sikap arogannya. Baru-baru ini, Trump mengancam akan menghentikan semua bantuan finansial kepada negara-negara yang mendukung rancangan resolusi PBB terkait penarikan sikap Amerika yang mengklaim Jerusalem sebagai ibukota Israel.

"Mereka menerima ratusan juta dolar dan bahkan miliaran dolar, lalu mereka bersuara menentang kita. Oke, kita lihat suara mereka. Biarkan mereka bersuara melawan kita. Kita akan menghemat banyak. Kita tak peduli," ujar Trump dengan angkuhnya, sebagaimana dilansir Reuters.

Begitu halnya, Duta Besar AS di PBB Nikki Haley. Melalui sebuah surat, ia menyatakan telah diminta Trump untuk memberikan peringatan kepada anggota PBB dan melaporkan balik negara-negara yang keras menentang AS.

"AS akan mencatat nama-nama negara yang mendukung rancangan resolusi itu," ancam Haley.

- Advertisement -

Diketahui, badan bantuan pemerintah Amerika USAID melaporkan pada 2016, AS telah menggelontorkan bantuan senilai 13 miliar dolar dalam bentuk bantuan keuangan dan militer kepada negara-negara sub-Sahara Afrika dan 1,6 miliar dolar AS kepada negara-negara di Asia Timur dan Oseania.

Kemudian, AS memberi sekitar 13 miliar dolar kepada negara-negara Timur Tengah dan Afrika Utara, 6,7 miliar dolar AS kepada negara-negara Asia Selatan dan Tengah, 1,5 miliar dolar AS kepada negara-negara di Eropa dan Eurasia, serta 2,2 miliar dolar AS kepada negara-negara Belahan Barat.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER