Di Tahun 2019, Plat Nomor Kendaraan Bermotor Akan Berubah Warna

MONITOR, Jakarta – Warna plat nomor kendaraan bermotor akan dirubah menjadi putih. Hal ini diungkapkan Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas Polri) Irjen Pol Royke Lumowa. Ia mengatakan, kemungkinan hal tersebut bisa terealisasi di tahun 2019 mendatang.

Terkait maklumat ini, Dir Regident Korlantas Polri Brigjen Pol Risyapuddin menyatakan, pihaknya di setiap wilayah akan bertugas menyosialisasikan kepada masyarakat.

Ia menuturkan, perubahan tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) ini akan terintegrasi secara online agar penindakan hukum tepat sasaran.

"Dengan pendataan Samsat/SIM yang baik dan benar secara elektronik, agar penindakan hukum tidak salah sasaran," ujar Risyapuddin seperti dilansir laman NTMCPolri, Kamis (28/9).

Risyapuddin menambahkan, pihaknya juga akan menggelar rapat sosialisasi pelayanan materil SBST (SIM, BPKB, STNK, dan TNKB) dengan masing-masing Polda se-Indonesia. Hal ini dilakukan guna meningkatkan kemampuan dan keahlian anggota dalam pelayanan kepada masyarakat guna menjadi Polantas yang promoter.

"Diharapkan agar jajaran Korps Lalu Lintas di tiap-tiap Polda kini segera membangun serta mengimplementasikan program-program unggulan yang sejalan dengan perkembangan jaman," ujarnya.