Di Malam Tahun Baru, New York Perketat Pengamanan

MONITOR New York – Pada malam perayaan tahun baru nanti, Kepolisian New York mengatakan, tengah mempersiapkan rencana pengamanan di Times Square, New York. Ini dilakukan guna mengantisipasi teror setelah terjadi percobaan pengeboman bunuh diri di lorong kereta bawah tanah di kawasan itu.

Biasanya di malam pergantian tahun baru, Times Square menjadi salah satu kawasan yang dipadati oleh ratusan ribu orang yang merayakan. 

Diketahui, pada Selasa (12/12) kemarin, seorang pria Bangladesh berusia 27 tahun didakwa oleh pengadilan federal melakukan kejahatan terorisme dengan meledakan bom pipa di lorong pejalan kaki di bawah tanah Times Square awal pekan ini. Bahan kimia di dalam bom pipa yang dibawanya menyulut, namun pipanya sendiri tidak meledak, kata sejumlah pejabat. Insiden itu melukai tersangka pelaku dan tiga orang yang lewat. 

Departemen Kepolisian New York (NYPD) Senin depan akan melakukan penelaahan dengan segera dan berkedalaman terhadap insiden itu untuk mengetahui apa yang perlu dilakukan untuk menghadapi serangan seperti itu, kata John Miller, wakil komisioner urusan intelijen dan kontraterorisme. 

"Saya yakin, ini adalah untuk pertama kalinya kita melihat seseorang dengan bom bunuh diri di tempat transportasi umum dan sebenarnya punya bom yang bisa berfungsi. Jadi kami akan meneliti ini," kata Miller, sebagaimana diwartakan oleh Reuters.