Detik-detik Peluncuran Rudal Korsel, Balasan Atas Rudal Antarbenua Korut

MONITOR – Setelah istirahat selama 75 hari, Korea Utara akhirnya kembali melakukan uji coba rudal balistik antarbenua (ICBM) lainnya, menyebabkan kegemparan di seluruh dunia. Kali ini tetangganya, Korea Selatan memiliki respon cepat dengan turut menguji rudalnya sendiri.

Dilansir Sputniknews, Kepala Staf Gabungan Korea Selatan (JCS) telah mengumumkan bahwa Seoul mengadakan latihan rudal beberapa menit setelah Pyongyang meluncurkan rudal balistik antar benua, Rabu (29/11).

"Militer Korea Selatan menunjukkan tekad keras dan kemampuannya untuk melawan ancaman Utara dengan melakukan rudal langsung setelah provokasi tersebut," kata kantor berita county Yonhap mengutip Jendral Jeong Kyeong-doo, Ketua JCS.

Rudal Korea Selatan, Hyunmoo II diluncurkan saat latihan di lokasi yang tak dijelaskan, letaknya di pantai timur Korea Selatan pada hari  yang sama. Tepatnya pukul 03.25 waktu setempat, sekitar enam menit setelah rudal Korea Utara lepas landas.

Video latihan tersebut dimuat oleh akun Twitter agregator brita Intel Crab, menunjukkan tiga peluncuran berturut-turut dengan asap-asap mengepul di sekitar rudal yang lepas landas. Rudal tersebut dilaporkan mencapai target sekitar 50 meter di laut.

"Rudal balistik tak dikenal ke laut Tmur dari sekitar Pyingsong, Provinsi Pyongan Selatan, sekitar pukul 03.15," kata JCS.

Sementara menurut perkiraan, ICBM Korea Utara, terbang sejauh 2.800 mil (4.500 km) ke luar angkasa, menjadikannya yang tertinggi sejauh ini dari tiga uji coba ICBM-nya, dan mendarat hampir 600 mil (96m km), juga menjadikannya tes terpanjang. Itu terjadi setelah absen 75 hari sejak diluncurkan terakhir pada 15 September.