Dampak Longsor, Tol Jagorawi Arah Puncak Ditutup Total

MONITOR, Jakarta – PT Jasa Marga mengumumkan penutupan total Jalan Tol Jagorawi arah puncak, Senin (5/2). Penutupan tersebut menyusul empat titik bencana longsor yang menimpa kawasan Grand Hill, Gunung Mas dan Masjid At-Taun Bogor.

Bencana tersebut juga menyebabkan ditutupnya jalur Puncak mulai Polinga. Penututupan total juga berlaku untuk jalur dari arah Cianjur dan dialihkan melalui Jonggol.

AVP Corporate Communication PT Jasa Marga, Dwimawan Heru mengatakan, penutupan tersebut dilakukan untuk memudahkan mobilisasi sejumlah kendaraan yang mengangkut alat berat guna kebutuhan proses evakuasi wilayah longsor, dan mempercepat evakuasi material longsor.

"Oleh karena itu, sebagai jalur alternatif, PT Jasa Marga (Persero) Tbk. mengalihkan arus lalu lintas yang menuju Puncak melewati jalur Sukabumi, menghindari sekitar Masjid At-Taun yang terletak sebelah Gunung Mas atau lokasi terjadinya longsor," kata Heru dalam keterangan tertulis, Senin (5/2).

Terkait penutupan tersebut, Heru mewakili PT Jasa Marga meminta maaf kepada pengguna Tol Jagorawi yang melintas untuk ketidaknyamanan tersebut.

"Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan tol yang akan menuju Puncak untuk menggunakan jalur alternatif dan melakukan antisipasi perjalanan menggunakan kanal-kanal yang dimiliki oleh Jasa Marga," katanya.