Bunga Bangkai Dalam Pot Segera Tumbuh di Kebun raya Bogor

MONITOR, Bogor  – Tidak lama lagi warga Kota Hujan, Bogor akan disuguhkan kehadiran tanaman langka bunga bangkai yang tumbuh di pot. Bunga bernama latin Amorphophallus titanum itu dikabarkan akan mekar di Kebun Raya Bogor.

Peneliti PKT Kebun Raya LIPI, Yuzammi menerangkan, tumbuhan bunga bangkai merupakan salah satu jenis tumbuhan dari suku Araceae atau talas-talasan dan bisa hidup dalam media tanam pot.

Yuzami menambahkan, pertumbuhan bunga bangkai yang menggunakan pot juga hampir sama dengan menumbuhkannya di tanah. Namun, yang perlu diperhatikan adalah besaran pot yang akan digunakan.

Pot tersebut, lanjut Yuzami, tentunya harus lebih besar dari umbi yang akan ditanam. Media yang digunakan juga merupakan campuran tanah dan kompos. "Medianya harus poros, sehingga air tidak menggenang bila disiram," kata Yuzami dalam siaran persnya, Rabu (1/11).

Yuzammi mengungkapkan, bunga bangkai merupakan salah satu jenis tumbuhan dari suku Araceae atau talas-talasan. Tumbuhan itupun dapat tumbuh hampir pada semua kondisi alam Indonesia, asalkan tanahnya tidak padat dan mempunyai porositas yang bagus.

Yuzami menuturkan, Kebun raya Bogor saat ini baru mengoleksi sekitar 11 jenis tumbuhan Amorphophallus.  "Kebun Raya Bogor sendiri baru mengoleksi sekitar 11 jenis Amorphophallus," tuturnya.

Perlu diketahui, tumbuhan jenis Amorphophallus titanum hanya ada di hutan-hutan di pulau Sumatra yang tersebar mulai dari Aceh sampai ke Lampung. Sampai saat ini, Indonesia mempunyai sekitar 26 jenis dari 220 jenis yang tersebar di seluruh dunia.

 

Jamkrindo-Jaminan Kredit Indonesia