Rabu, 17 April, 2024

Biadab! Rumah Sakit Indonesia di Palestina Diterjang Rudal Israel

MONITOR, Gaza City – Rumah sakit Indonesia yang ada di wilayah Gaza bagian utara terkena serangan udara Israel pada Sabtu 27 Oktober pagi.

Seperti dilansir kantor berita Turki, Anadolu Agency, Sabtu 27 Oktober 2018, sejumlah saksi mata menuturkan kepada Anadolu Agency bahwa jet-jet tempur Israel mengenai lima target Hamas di wilayah Gaza pada Sabtu pagi waktu setempat.

Terpisah, juru bicara Kementerian Kesehatan Gaza, Ashraf al-Qidra, menyebut salah satu serangan udara Israel itu mengenai dan memicu kerusakan pada rumah sakit Indonesia di Gaza bagian utara.

Tidak diketahui pasti jumlah korban akibat serangan udara ini. Namun sejumlah saksi mata menyebut beberapa orang yang ada di rumah sakit Indonesia itu mengalami luka ringan akibat terkena pecahan kaca dan reruntuhan bangunan.

- Advertisement -

Buntut insiden ini, Al-Qidra menyeru organisasi-organisasi internasional melindungi institusi medis dan paramedis dari serangan udara Israel di Gaza.

Dalam pernyataannya, militer Israel menyebut serangan udara ke Gaza itu sebagai respons atas serangan roket yang lebih dulu melanda wilayah mereka.

Lewat pernyataan via Twitter, militer Israel menyebut sekitar 30 roket telah ditembakkan dari Gaza ke wilayah Israel sejak Jumat 26 Oktober malam waktu setempat.

Sebanyak 10 roket di antaranya bisa ditembak jatuh oleh sistem pertahanan rudal Iron Dome milik Israel. Suara sirene terdengar di kawasan permukiman Israel dekat perbatasan Gaza-Israel saat roket-roket yang ditembakkan dari Gaza memasuki wilayah Israel.

Diakui oleh militer Israel bahwa sebagai respons atas roket-roket itu, jet-jet tempur dan helikopter mereka menggempur 80 target Hamas di wilayah Gaza dalam sebuah operasi yang berlangsung selama lebih dari dua jam. Diketahui bahwa Israel menganggap Hamas bertanggung jawab atas setiap serangan roket dari Gaza.

Israel menyebut target-target serangannya terdiri atas dua fasilitas pabrik senjata, lima markas militer, sebuah kamp pelatihan, sebuah terowongan, dan sebuah pos pemantauan anti-pesawat. Sumber-sumber medis Palestina di Gaza menyebut tidak ada laporan korban tewas akibat serangan udara Israel ini.

Serangan rudal Israel yang mengenai bangunan Rumah Sakit Indonesia itupun sampai ke telinga Presiden Joko Widodo (Jokowi). Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengecam keras serangan tersebut.

“Ya kita tahu, rumah sakit itu rusak dan Indonesia mengecam, mengecam keras serangan Israel di tanggal 27 Oktober kemarin,” ujar Jokowi saat ditemui usai melepas Kirab Santri dan Jalan Sehat Sahabat Santri di Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu 27 Oktober 2018.

Kecaman itu diutarakan Jokowi karena tidak hanya mengenai Rumah Sakit Indonesia tersebut, tetapi juga merusak rumah warga. “Karena tidak juga merusak rumah sakit kita, tetapi juga wilayah sekitar juga sama,” katanya.

Meski Jalur Gaza terus dihantam serangan rudal Isrel, Presiden Jokowi menegaskan, Indonesia akan tetap bersama Palestina. “Indonesia tetap dan akan selalu di belakang bangsa Palestina dalam memperjuangkan kemerdekaannya, enggak ada kata mundur untuk itu!” tegasnya.

Rumah sakit Indonesia di Gaza yang terkena serangan udara Israel itu diketahui diresmikan Wakil Presiden Jusuf Kalla pada 2016. Rumah sakit Indonesia itu merupakan rumah asing paling baru yang dibuka di Gaza.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER