Berseragam Orange, Satpol PP Tampil Beda Amankan Asian Games

Berseragam orange, Satpol PP tampil beda amankan Asian Games (Foto: Asep/Monitor)

MONITOR, Jakarta – Penampilan berbeda ditunjukan oleh aparat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta dalam mengamankan pesta olah raga Asian Games 2018. Penampilan seragam yang dikenakan aparat penegak peraturan daerah (perda) tersebut mengenakan seragam berwarna orange.

Kepala Satpol PP DKI Jakarta, Yani Wahyu mengatakan, perubahan seragam Satpol PP ini untuk memberikan kesan humanis kepada Masyarakat yang selama ini terkesan menyeramkan.

“Seragam warna orange ini, memamg seragam khusus yang kami pakai khusus untuk mengamankan Asian Games 2018 di lima wilayah Jakarta,” kata Yani Ditemui MONITOR, Selasa (21/8).

Ia mengungkapkan, seragam mirip kaos ‘Turn Back Crime’ milik kepolisian ini sengaja didesain langsung olehnya untuk memunculkan warna baru agar seragam satuan polisi pamong praja lebih cerah dan lebih menarik lagi.

“Itu saya yang memilih warna dan mendesain, khusus untuk perhelatan Asian Games ini, ada tulisannya ‘region law enforcement’ yang berarti penegak keamanan daerah,” ungkapnya.

Seragam orange milik Satpol PP DKI Jakarta ini pun mendapat tanggapan positif dari masyarakat. Salah satunya adalah warga kelurahan Cipinang Muara, Imanuddin (50) mengatakan, dengan penampilan yang lebih ‘ngejreng’ para petugas Satpol PP terlihat sangat menarik.

Ia pun menilai Satpol PP DKI Jakarta saat ini sangat banyak menunjukan perubahannya. Di bawah kepemimpinan Yani, sudah jarang ditemukan Tindakan Preventif yang dilakukam Satpol PP.

“Satpol PP menarik sekarang, saya juga lihat, kebetulan saya aktif di lingkungan, Satpol PP sekarang lebih mengedepankan dialog-dialog kepada masyarakat,” tandasnya.