Bendungan Katulampa Siaga Satu, Ini Intruksi Anies Baswedan

MONITOR, Jakarta – Debit air di Katulampa Bogor, terus meningkat. Warga Jakarta pun dihimbau untuk tetap waspada mendapat kiriman air dari kota hujan tersebut.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, menyebut, aliran deras sungai Ciliwung akan tiba di Jakarta sekitar pukul 18:00 WIB, Senin (5/2). Untuk mengantisipasi, Anies mengatakan di pintu air Manggarai, semua pintu telah dibuka.

“Di perkirakan maghrib air di Bogor sampai sudah sampai Jakarta. Tapi masyarakat Jakarta tak perlu cemas, semua pintu-pintu air semua dalam posisi terbuka,” kata Anies, saat meninjau pintu air Manggarai, Jakarta Selatan, Senin (5/2).

Kata Anies, lebih dari 450 pintu pompa telah disiagakan. Di bagian hilir, kata Anies, lebih dari 20 pompa air mobile disiapkan untuk mengantisipasi derasnya aliran sungai Ciliwung.

Untuk di muara ada lebih 20 mobile pompa siaga di sana. "Kami, akan monitor terus ketinggian air laut yang mudah-mudahan tidak akan tambah tinggi. Selama air laut seperti hari ini, sekitar 184cm di muara maka proses pemompaan air akan berjalan baik. Kita akan monitoring terus semuanya,” tegasnya.