Jumat, 29 Maret, 2024

Bendera Peserta Asian Games Pakai Bambu, Ini Kata Anies

MONITOR, Jakarta – Baru-baru ini, ramai di media sosial foto yang memperlihatkan bendera-bendera peserta Asian Games yang dipasang di tengah jalan. Keberadaan bendera ini pasalnya banyak menuai kritik para netizen, karena tiangnya menggunakan bambu yang dibelah.

Pemasangan bendera-bendera tersebut dilakukan pada kemarin, Senin (16/7/2018) Bendera-bendera tersebut terpasang berjejer di pembatas jalan, di depan Emporium Pluit Mal, Jalan Pluit Selatan Raya, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara.

Di media sosial, banyak netizen yang menyayangkan penggunaan bambu yang dibelah sebagai tiang bendera. Menurut netizen, anggaran penyelenggaraan Asian Games seharusnya bisa digunakan untuk membeli tiang bagi bendera-bendera ini agar tampak menarik.

Berikut ini, beberapa komentar netizen di salah satu media sosial instagram,

- Advertisement -

Namun, Anies pun mengaku baru mengetahui pemberitaan terkait bendera negara-negara Asian Games 2018 diikat bambu dikritik netizen itu. Gubernur DKI ini menilai seharusnya bendera yang diikat di bambu tersebut agar tidak dianggap remeh.

“Saya baru membaca bahwa tiang bambu bendera peserta Asian Games di Penjaringan diturunkan oleh PPSU. Pemasangan bendera itu adalah inisiatif warga. Jangan halangi, jangan rendahkan, dan mari kita izinkan rakyat merayakan Asian Games dengan kemampuannya, dengan ketulusannya,” ujarnya, Rabu (18/7).

“Jangan sekali-kali anggap rendah tiang bendera dari bambu. Itulah tiang yang ada di rumah-rumah rakyat kebanyakan. Penjualnya rakyat kecil. Perajinnya pengusaha kecil. Penanamnya ada di desa-desa. Biarkan hasil panen rakyat kecil, hasil dagangan rakyat kecil ikut mewarnai Ibu Kota. Jangan hanya gunakan tiang besar buatan pabrik yang ukuran kekayaannya sudah raksasa” sambung Anies.

Sebelumnya diketahui bendera-bendera peserta Asian Games yang dipasang menggunakan tiang belahan setengah bambu terkait telah dicabut oleh petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Jakarta Utara.

Ada 29 bendera negara peserta Asian Games 2018 yang dipasang. Setiap bendera negara diikatkan pada pagar pembatas jalan menggunakan tali rafia dan kain bendera yang diikat ke tiang berbahan bambu. Belahan bambu yang digunakan sebagai tiang bendera juga diangkut oleh petugas PPSU.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER