Anies: Pemprov DKI Siap Dukung Revitalisasi SMK di Jakarta

Gubernur Anies Baswedan menemani Mendikbud saat meninjau SMKN 26 Jakarta (dok: Anies)

MONITOR, Jakarta – Pemprov DKI Jakarta berkomitmen akan mendukung upaya revitalisasi SMK di Ibukota. Hal ini diutarakan Gubernur DKI Anies Baswedan saat menemani Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendi meninjau SMK Provinsi DKI Jakarta di SMK Negeri 26 Jakarta.

“Indonesia tumbuh dan berkembang dari SDM terampil, dilatih di lembaga pendidikan terutama SMK. Maka dari itu penting bagi semua pihak untuk membantu mengembangkan SMK. Pemprov DKI akan mendukung penuh program revitalisasi ini,” ujar Anies.

Lebih lanjut mantan Mendikbud RI ini menjelaskan, revitalisasi SMK tujuannya penting untuk mengubah paradigma yang dulunya hanya mendorong untuk mencetak lulusan saja tanpa memperhatikan kebutuhan pasar kerja, berganti menjadi paradigma mencari segala sesuatu yang berhubungan dengan pasar kerja.

Selain itu, ia mengatakan Jakarta memiliki keunggulan berupa pasar kerja yang luas, karena banyak sekali perusahaan yang siap dihubungkan dengan para lulusan SMK.

“Di Jakarta juga ada program OK OCE yang dapat menjalin kemitraan dengan para lulusan SMK. Kita dorong agar semuanya terkoneksi dengan baik,” tegas Anies.