Anies Klaim Jakarta Punya Alat Damkar Terlengkap se-Indonesia

MONITOR, Jakarta – Siapa sangka, kalau Pemprov DKI Jakarta ternyata memiliki alat penyelamatan dan pemadam kebakaran (damkar) terlengkap se-Indonesia.

Lengkapnya peralatan pemadam yang dimiliki oleh Pemprov DKI Jakarta ini, terungkap pada saat Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI merayakan HUT nya yang ke 99, di Gambir Jakarta Pusat, Kamis (1/3).

"Kita harus berbangga hati, ternyata kita mempunyai peralatan pemadam paling lengkap se -Indonesia. Oleh karenanya, saya berharap petugas damkar dapat cepat dalam merespon laporan warga dalam penanggulangan dan penyelamatan kebakaran," ungkap Gubernur Jakarta Anies Baswedan saat hadir di acara HUT Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Pemprov DKI Jakarta.

Menurut Anies, kecepatan dalam merespon dan bertindak menjadi kunci utama dalam penyelamatan. Meski diminta merespon cepat, Anies juga berharap agar petugas juga tetap memperhatikan keselamatan kerja.

Lebih lanjut mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga berharap, warga lebih peduli dan waspada tentang kebakaran dan bahaya yang lain.

“Ini sekaligus mengingatkan kepada seluruh warga untuk berhati-hati dan waspada sehingga terhindar dari segala mara bahaya atau bencana,” imbuhnya.

Dikatakan Anies, dalam hal pemadaman kebakaran dan penyelamatan di lapangan terdapat dua tipe lokasi yakni tipe pemukiman padat penduduk dengan akses jalan terbatas dan gedung-gedung tinggi. Anies menjamin kelengkapan fasilitas untuk menghadapi berbagai kondisi medan terpenuhi Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Keselamata DKI Jakarta.

“Karena itu, fasilitas yang dimiliki bukan hanya untuk pencakar langit tapi juga kampung-kampung yang jalannya sempit dan sudah disiapkan. Anda tadi lihat salah satunya motor pemadam yang bisa bergerak cepat tanpa terkendala macet. Sehingga bisa sampai lokasi kebakaran dan langsung bertindak,” pungkasnya.