Anies Keruk Sampah Tanpa Sarung Tangan, Netizen Gaduh

MONITOR, Jakarta – Sejak terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan tak segan turun tangan bersama anak buahnya untuk bersama-sama membenahi wajah ibukota. Mulai dari memantau perkembangan proyek underpass, penataan kampung hingga ikut membersihkan saluran got atau selokan sepanjang jalan.

Gerebek sampah, ya itulah nama kegiatan yang dilakukan Anies pada Minggu (6/5) pagi kemarin. Tak sungkan ia mengenakan seragam warna orange dan terjun beraksi membersihkan sampah di wilayah sekitar Jalan Nanas, Kelurahan Utan Kayu Utara, Jakarta Timur.

Anies Baswedan berfoto bersama petugas pembersih sampah ibukota

Bersama anak buahnya dan warga sekitar, Anies mengeruk limbah dalam selokan dibantu beberapa alat seperti sekop. Namun, seperti sebelumnya ia justru menggunakan tangan terbuka tanpa mengenakan sarung tangan.

“Gerebek Sampah. Itu nama kegiatannya. Tiap hari minggu di berbagai tempat di Jakarta dilakukan kerja bersama membersihkan lingkungan dari sampah,” jelas Anies, seperti yang terpantau dari laman media sosialnya.

Bagi mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini, membersihkan sampah di lingkungan adalah tanggungjawab semua warga, tanpa terkecuali dan tidak hanya dibebankan pada pasukan orange saja.

Anies pun mengakui, warganya semakin hari mulai sadar bahwa saluran air yang kotor bisa membuat aroma tak sedap dan menimbulkan penyakit.

Anies dibantu anak buahnya membersihkan sampah

“Membersihkan sampah itu baik dan perlu, tapi meletakkan sampah pada tempatnya itu lebih baik dan lebih perlu,” tegasnya.

Diketahui, aksi yang dilakukan Anies ini bukanlah kali pertama yang dilakukan seorang publik figur di DKI. Sebelumnya mantan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo juga pernah melakukan hal serupa, yakni memasuki gorong-gorong selokan di ibukota. Begitu halnya dengan gubernur sebelumnya, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Sebagian netizen pun merespon nyali Anies Baswedan. Ada yang memberikan apresiasi atas kinerjanya dan semakin mengidolakannya, bahkan adapula yang membandingkan figurnya dengan Jokowi dan menilai hal tersebut adalah sebuah pencitraan. Lantas bagaimana menurut kalian?

Komentar netizen di laman Instagram Anies Baswedan