Anies Baswedan Targetkan Proyek MRT Segera Rampung

MONITOR, Jakarta – Proyek Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta fase 1 jalur Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia bisa tuntas sesuai jadwal. Pengerjaan proyek transportasi masal tersebut dijadwalkan rampung pada Maret 2019 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan usai rapat untuk membahas MRT di Balai Kota DKI Jakarta.

"Kita ingin mendengar perkembangan proses pembangunan kendala-kendalanya, langkah yang sudah diselesaikan untuk bisa membuat itu beres. Kita yang terpenting ini bisa 'on schedule', 'on budget', 'on quality'," ujar Anies Baswedan kepada wartawan. Jakarta, Kamis (19/10).

Meski ada laporan soal hambatan pembangunan stasiun di wilayah Fatmawati. Namun, kata Anies hal itu tidak akan mengganggu proses penyelesaian MRT. Stasiunnya yang akan terhambat, tetapi jalur tetap bisa jalan.

"Hambatannya tidak terlalu besar, namun terjadi hambatan, bagaimanapun juga ada proses pembangunan di situ," jelasnya.

"Kita menginginkan itu bisa dikelola sedemikian rupa terutama sesudah fase 1, Desember tahun ini sampai Maret 2019, karena pada saat itu rute kendaraan Sudirman-Thamrin akan mengalami reorganisasi," ungkap Anies.

Sementara, menurut Gubernur yang dimenangkan oleh partai Gerindra dan PKS itu mengatakan, mengenai masalah hukum lahan di Haji Nawihal hal itu tidak menghalangi proses pengerjaan jalur MRT.

"Meskipun begitu kita berharap putusan MA bisa cepat menyangkut tanah, kalau itu bisa cepat maka Insya Allah semuanya tetap bisa 'on schedule' yah, lalu kita juga diskusikan tadi beberapa potensi terobosan yang dilakukan untuk membuat lalu lintas sekitar wilayah pembangunan MRT," tukas Anies.