97 Ribu Kendaraan Kembali ke Jakarta Via GT Cikarang Utama

MONITOR, Jakarta – Puncak arus balik libur panjang Idul Adha 2017 terjadi pada hari Minggu (3/9) di beberapa gerbang tol khususnya Gerbang Tol Cikarang Utama. Dengan prediksi volume lalu lintas yang menuju Jakarta pada hari ini melalui GT Cikarang Utama sebesar 97 ribu kendaraan.

Pada shift 1 (pukul 06.00 – 14.00), tercatat volume lalu lintas menuju Jakarta mengalami peningkatan hingga 34 ribu kendaraan atau 22% lebih tinggi dibandingkan volume lalu lintas normal yakni 28 ribu kendaraan.

Untuk mengetahui kesiapan Jasa Marga menghadapi arus balik libur Idul Adha ini Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi berkomunikasi melalui sambungan video conference dengan Sekretaris Jenderal Kementrian Perhubungan, Sugihardjo yang didampingi oleh Dir Lalu Lintas Hubdat, Pandu Yunianto, Direktur Operasional II Jasa Marga, Subakti Syukur dan GM Cabang Jakarta-Cikampek, R Kristianto,  di Gerbang Tol Cikarang Utama. 

Menhub meminta Jasa Marga untuk tetap siaga dan siap menghadapi puncak arus balik pada hari ini.

"Saya meminta agar tim di Cikarang Utama selalu siap dalam menghadapi puncak arus balik serta menyiapkan skema yang sama seperti arus balik lebaran 2017."katanya

Sementara itu, Direktur Operasional II Jasa Marga, Subakti Syukur menjelaskan saat ini Gerbang Tol di Cikarang Utama sudah dibuka 29 gardu dari kondisi normal yang hanya dibuka 24 gardu dan nantinya akan dibuka 31 gardu.

"Jasa Marga telah mempersiapkan antisipasi peningkatan lalu lintas di GT Cikarang Utama dengan melakukan upaya-upaya seperti memaksimalkan gardu operasional yang menuju Jakarta, pengalihan kendaraan melalui GT Cikarang Barat 2 serta berkoordinasi dengan pihak Kepolisian untuk melakukan contraflow mulai dari KM 64 sampai dengan KM 31,"terang Subakti

Jasa Marga juga mendapatkan apresiasi dari Kementrian Perhubungan yang disampaikan langsung oleh Sekretaris Jenderal Kementrian Perhubungan, Sugihardjo karena telah bersinergi dengan semua pemangku kepentingan dalam menghadapi puncak arus balik libur Idul Adha kali ini.

"Atas nama Kementrian Perhubungan, saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran yang telah bersinergi dalam melakukan antisipasi dan tidak lengah dengan menyiapkan skenario yang sama seperti lebaran. Jasa Marga juga telah berkordinasi dengan pihak kepolisian untuk menyiapkan _contra flow_."

Jasa Marga terus mengimbau pengguna jalan untuk dapat mengatur jadwal perjalanan balik menuju Jakarta, dan selalu menggunakan uang elektronik untuk pembayaran tol agar dapat mempercepat waktu transaksi, serta dapatkan diskon 10% sampai dengan tanggal 3 September 2017 periode shift 3.