6500 Pesenam Poco-Poco Padati Kawasan Monas

Sejumlah warga ikut senam poco-poco (Foto: Asep Syaefudin)

MONITOR, Jakarta – Kawasan Monas pagi in dipenuhi pesenam poco-poco. Demi memecahkan rekor dunia, sekitar 6500 pesenam poco-poco bakal unjuk gigi di sejumlah lokasi di Jakarta.

Khusus untuk dikawasan Monas. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan sejumlah pejabat akan menghadiri senam ini.

Rupanya selain ingin memecahkan rekor dunia, senam Poco poco ini juga merupakan bagian dari upaya melestarikan budaya bangsa, mengokohkan persatuan, mensosialisasikan Asian Games, dan menunjukkan kepada dunia bahwa Poco-Poco adalah milik asli Bangsa Indonesia.

Untuk menghindari arus lalulintas agar tidak macet, Polda Metro Jaya selain menurunkan ribun polisi juga mengalihkan arus lalulintas.

Berdasarkan info TMC Polda Metro Jaya pada Minggu (5/8/2018), diketahui sedikitnya ada empat rekayasa lalin yang dilakukan.

Rekayasa pertama dilakukan di sekitar Monas dengan 6 pengalihan arus lalin. Kemudian rekayasa kedua dilakukan di kawasan Kebon Sirih dan Sarinah dengan 2 pengalihan arus.

Rekayasa ketiga dilakukan di Kawasan Bundaran HI dengan 5 pengalihan arus. Sementara rekayasa keempat dilakukan di Kawasan Simpang Susun Semanggi dengan 5 pengalihan arus bagi kendaraan.

Berikut rekayasa lalin tersebut:

Kawasan Monas

1. Arus lalin dari Jalan Hayam Wuruk menuju Jalan Majapahit dialihkan ke kiri, Jalan Juanda.

2. Arus lalin dari arah Jalan Veteran 1 atau Tugu Adipura menuju Jalan Veteran 3 dialihkan lurus ke arah traffic light Harmoni.

3. Pengendara dari Jalan Medan Merdeka Timur yang akan menuju Jalan Medan Merdeka Utara dialihkan menuju Jalan Perwira atau Jalan Veteran I.

4. Arus lalin yang datang dari arah Simpang Lima Senen menuju Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke Jalan Medan Merdeka Timur.

5. Arus lalin dari arah Abdul Muis dan Jalan Fachrudin diluruskan ke Jalan Harmoni maupun Jalan Fachrudin. Kemudian arus lalin bagi pengendara yang datang dari arah Abdul Muis menuju Jalan Museum diluruskan ke Jalan Fachrudin begitu juga sebaliknya.

Kawasan Kebon Sirih dan Sarinah

1. Pengalihan arus dilakukan terhadap kendaraan yang datang dari arah Abdul Muis menuju Kebon Sirih dialihkan ke arah Jalan Fachrudin, KH Mas Mansyur, dan seterusnya.

2. Arus kendaraan yang datang dari arah Agus Salim dialihkan ke kanan Kebon Sirih hingga Tugu Tani.

Kawasan Bundaran HI

1. Kendaraan yang datang dari arah Jalan Imam Bonjol menuju ke arah Bundaran HI dan mengarah ke Jalan Jenderal Sudirman dialihkan ke traffic light Hotel Mandarin menuju ke Jalan Pamekasan dan Jalan Sutan Syahrir.

2. Kendaraan yang datang dari arah Jalan Kebon Kacang menuju Bundaran HI dialihkan dan diputar balikkan menuju Jalan Kebon Kacang kembali.

3. Kendaraan yang datang dari arah Jalan Kendal menuju ke Jalan Jenderal Sudirman diputarbalikkan kembali ke Jalan Jenderal Sudirman.

4. Kendaraan yang datang dari arah Jalan Galunggung menuju Jalan Jenderal Sudirman diluruskan menuju Jalan Karet.

5. Kendaraan yang datang dari arah Jalan Landmark menuju ke Jenderal Sudirman dialihkan dan diputar balikkan kembali ke arah Jalan Landmark.

Kawasan Simpang Susun Semanggi

1. Kendaraan yang datang dari arah Jalan Gatot Subroto yang akan melintasi Simpang Susun Semanggi menuju ke Jalan