Sandi Akui Kejar Target Velodrome Sebelum Asian Games

MONITOR, Jakarta – Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla (JK) mengapresiasi pembangunan venue Asian Games di Jakarta. Hal ini diungkapkan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno yang turut serta mendampingi peninjauan venue Asian Games di Vellodrome, Rawamangun, Jakarta Timur.

“Pak Wapres bertanya kepada Menteri dan lain-lain apa yang dikoordinasikan dengan DKI. Alhamdulillah pak Menteri sangat mengapresiasi, karena sekarang semua venuenya yang dibangun di DKI sudah kami terbitkan IMB. Jadi kita lakukan fast tracking dari permit-permit, dari izin-izinnya,” ujar Sandi usai meninjau lokasi, Jumat (27/4).

Menurutnya, pembangunan venue Asian Games di Jakarta optimis akan rampung sebelum perhelatan Asian Games pada Agustus 2018 mendatang. Termasuk pembangunan venue-venue yang ditugaskan menyusul pada awal tahun ini.

“DKI dikasih instruksi awal tahun, harus jadi gitu pokoknya. Tidak mau tahu, pokoknya harus jadi. Ya sudah. Kita tambah orangnya, kita tambah jamnya. Kalau perlu, kerja 3 shift 24 jam. Tapi kita selalu bilang safety first. Keamanan, keselamatan kerja, kesehatan kerja menjadi keutamaan,” katanya.

Dia mengatakan, progres pembangunan Velodrome mencapai 95 persen, tanpa kendala apapun. Dia optimis, venue ini bisa digunakan saat Asian Games, bahkan lebih cepat dari target yang ditetapkan. Termasuk venue baseball, jetski dan layar yang baru ditugaskan pada awal tahun ini.

“Insya Allah kita tepat sesuai (rencana), malah kita ahead of schedule di Velodrome. Saya ucapkan apresiasi. Kita lihat lapangan baseball yang baru turun instruksinya awal tahun ini. Tapi kita kejar. Insya Allah juga akan tepat waktu. Kita harapkan juga baseball bisa selesai bulan Juni,” ungkapnya.

Ketua PB Persatuan Olahraga Layar Seluruh Indonesia (Porlasi), Laksamana Muda TNI Darwanto mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi adanya venue layar yang sangat berguna untuk mendidik dan melatih atlet layar ke depannya. Menurutnya, sejak 40 tahun Porlasi berdiri, baru saat ini disediakan venue khusus untuk olahraga layar di kawasan Ancol, Jakarta Utara.

“Insya Allah bulan Juni tanggal 18 sampai tanggal 25, kita akan melaksanakan Asian Sailing Championship yang akan diikuti oleh sekitar 25 negara di sini. Kami berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi DKI memberikan lahan di sini untuk pelaksanaan kegiataan layar kita. Karena kita sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, tentunya (proyek) ini dibangun sudah sangat memenuhi syarat secara internasional,” pungkasnya.